Brownies Kukus (Ny. Liem)

Sudah lama tak menikmati lembutnya brownies kukus. Inget gak yang membuat brownies kukus ini booming, ya.. Brownies Kukus Amanda di Bandung. Dulu untuk mendapatkan brownies kukus ini nguantrinya sampe ke depan toko, alhasil banyak yang jadi reseller di pinggir-pinggir jalan atau di tempat-tempat publik seperti terminal, stasiun, mungkin sampe bandara ya..

Pecinta kuliner yang senang berkutat di dapur langsung cari-cari resep dan cara pembuatannya. Salah satu yang punya resep brownies kukus adalah Ny. Liem juga dari Bandung. Wah resep ini sudah terkenal dan jadi andalan bakulan kue. Menurut saya, resep Ny. Liem ini lebih enaaaak. Saya kurang suka dengan wanginya mbak Amanda, saya lebih suka wangi coklat asli, eits bukan berarti mbak  Amanda gak pake coklat asli looh. Coba deh bisa dibuktikan perbedaannya, dengan mencoba resepnya auntie Liem ini.

Sekalian memenuhi order dari mbak Ningkat, mbikin juga ah buat sendiri… sok di cekidot yang mau ikutan bikin.

Bahan-bahannya :

  1. Telur 6 butir
  2. Gula 225 gram
  3. Vanili secukupnya (saya : 1/2 sdt)
  4. Garam secukupnya (saya : 1/4 sdt)
  5. Emulsifier 1/2 sdt teh
  6. Terigu 125 gram, ayak, aduk rata dg coklat bubuk (saya : aduk rata dulu, diayak saat dimasukkan ke adonan)
  7. Coklat bubuk 50 gram, ayak, aduk rata dg terigu
  8. Minyak 175 ml
  9. Dark Cooking Cokelat 100 gram, lelehkan, campur dg minyak
  10. Susu Kental Manis (SKM) 75 ml (saya : gak pake)

Caranya :

  1. Kocok telur, gula, emulsifier, dan vanili  hingga mengembang, masukkan garam kocok lagi sebentar.
  2. Masukkan campuran tepung terigu dan cokelat bubuk sambil diayak, aduk perlahan hingga rata.
  3. Masukkan campuran minyak dan DCC, aduk hingga rata.
  4. Sisihkan sepertiga bagian adonan, beri SKM, aduk rata. (saya : bagi adonan menjadi 2 )
  5. Bagi 2 adonan tanpa SKM, bagian I kukus selama 10 menit, tambahkan adonan dg SKM selama 10 menit, terakhir masukkan adonan sisa tanpa SKM, lanjutkan mengukus selama kurleb 20 menit. Angkat. (saya : masukkan adonan I kukus selama 10 menit, tambahkan / taburkan meises atau DCC yang sudah di iris, masukkan adonan II, lanjutkan mengukus hingga kurleb 20 menit. angkat)
  6. Saya pake loyang 30 x 10 cm, jadinya 2 loyang.

Ada beberapa tips membuat Brownies Kukus (Brokus) :

sumber : http://mamagabymichelle.blogspot.com

  • Saat membuat brokus dengan lapisan, jangan pernah mengeluarkan loyang dari kukusan, penambahan isi sebaiknya dilakukan dengan posisi loyang tetap di dalam kukusan (jika kurang nyaman karena uap panas, disarankan untuk menggunakan sarung tangan).
  • Pastikan air kukusan sudah mendidih dan menghasilkan banyak uap. Lapisi tutup kukusan dengan serbet, meskipun kukusan sudah punya saluran untuk mengeluarkan uap air yang berlebih.
  • Ketika loyang dimasukkan ke dalam kukusan, kecilkan api dan selalu gunakan api sedang. Api besar berpengaruh terhadap hasil akhir brokus yaitu hasil jadi permukaan brokus bergelombang. (yang penting, apinya sudah cukup untuk mempertahankan air kukusan tetap mendidih dan menghasilkan uap yang cukup banyak).
  • Brokus yang sudah matang, sebaiknya langsung dikeluarkan dari kukusan. Diamkan sebentar lalu segera dikeluarkan dari loyang (jika terlalu lama di dalam kukusan, meskipun tutup kukusan sudah dibuka, bagian bawah brokus akan basah).
  • Jangan melepas kertas roti jika brokus belum benar-benar dingin agar sisi brokus tidak rusak jika kertas roti dibuka saat brokus masih panas.
  • Jika brokus tidak habis sekali santap, simpan dalam lemari es dengan dibungkus kantung plastik atau kotak kue. Jika ingin menyantapnya, cukup dikukus sebentar selama 5 – 10 menit atau dihangatkan sebentar di Magic Jar.

Ini dia.. panas-panas langsung difoto….

Siiip deh orderan mendadak pun selesai…

About these ads

52 thoughts on “Brownies Kukus (Ny. Liem)

    • siaaap bundoo… siap sedia baskom… hihiiii :mrgreen:
      sengaja nih panas2 dipotong biar pada ngacai.
      alamakjaaangg uenaakk banget loh bun.. nyammm.nyam..nyam.. (*bikin bundo tambah ngacai..)

  1. hmmmm picna yummyyy… dulu aq suka pesen ma temenku, tapi ga se-cute ini penampilannya… sayang keknya aq blom bisa nyuba bikin dech, tant… :-(

    • yo wis.. pesen aja ke aku hehhee…
      oven gak punya, tapi dandang punya kan..? bikinnya pake loyang yang cilik2 aja, ngukusnya pake dandang nasi.

  2. Amanda itu bukan mbak tan,,,,Amanda itu singkatan dari Anak MANtu DAmai,,,,,,(itu sejarah nama Amanda Brownies kukus etoooo)

  3. jadi inget dulu rela ikut antri ampe depan pager di amanda margahayu..panas2 pulak. udah kek ngantri di PLN mo jatuh tempo bayar listrik jaman dulu..
    Tau gitu pesen ke bunda aja ya..coklat yg meleleh itu lho yg bikin nia ga kuat..hehehe

    • hihiii iya tuh nguantrinya gak tahan. Aku sih cuma penasaran aja, tapi dulu gak sampe ngantri soalnya nitip heheee…
      huaaa.. kapan-kapan pesen sini aja ya..
      salam sayang selalu..

  4. Wow! Brownies… di Surabaya meskipun bnyk penjual Brownies, aq tetep suka punya Amanda, habisnya Brownies Ny. Liem ga ada yg jual sih! tapi disini aku berharap nunggu kiriman Brownies ala mba Tanti ajah!!
    Oya sy ijin ngelink ya.. siapa tau postingan ini berharga buat kapan-kapan klo pas butuh resep…

    • hehehe Ny. Liem gak jual brownies, blio jual resep.
      Oce… silahkan di link… eits kok alamat link-nya salah… mohon di cek lagi ya…
      salam..

  5. meleleh liurku… semeleleh liat coklat dari dalam browniesnya, yummy…baru tahu kalo buatan ny.Liem lebih kerasa wangi coklatnya Teh.. kemarin aku beli yang Amanda, belum tau perbedaannya

    • hehee… aku juga gak tau nih Ny. Liem punya toko apa nggak di Bandung. Yang aku tau blio punya kursus kue disana. Bikin sendiri aja..kan dah ada resepnya…
      Sun sayang untuk Aline.

    • bundaaaaa miss u so much uy…
      hihiiii… bunda nikmati dulu aja ngecesnya… ***blethak,dilempar centong*
      smoga bisa ktemu ama bunda sambil bawa kue…

  6. hihihi…teteh mah kalo tahap doyan mah belom say, tapi sudah enggak anti coklat lageee…..
    teteh nyari resep puding sutra myu itu cay, pengen bikin lagi.
    hasil browsing ada yang pake air sampai 6 kaleng getoh! teteh kan jadi semriwing…secara perasaan resepmu dulu pake airnya cuma 4 kaleng.

  7. qaqaqaq…tuh kan! ketauan sotoy na teteh…ternyata airnya emang pake 5 atau 6 kaleng yah…hahahaha…
    untung deh cek n ricek dolo ke dapurmu sayyyy…!
    bahaya banget nih c teteh….
    rencananya Teteh mu nyumbang puding aja buat arisan kluarga besok…
    doain smuga daku berhasil ya sayyy…..

    • punten…maaf… sorry… sumimasen… orangnya baru dateng nih. Kemaren abis keliling cari sekolah buat Adi, alhamdulillah dapet TK alam Islami.
      Heehehe.. hari ini full OL

  8. Mba ⓐⓚⓤ pernah coba resep ini hasilnya pas dimakan kaya berpasir gitu,itu dr apanya yah?gak moist kaya yg brand amanda.trus setau ⓐⓚⓤ klo brownies kukus pinggiran loyang gak dioles margarine/mentega itu gimana?mohon jawabannya

    • waduh belum pernah ada yg coba resep ini jdnya berpasir loh.. apanya ya… hmm… dark cooking coklatnya ngelelehinnya gimana? kl dimasak (bukan ditim) jdnya berpasir. apa mungkin krn itu ?
      gak pake margarine, tp dialasin pake kertas roti/plastik juga bisa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s