Puding Biskuit

Ketemu lagi dengan puding.

Baru aja dapet agar-agar dari Deby jadi kabita pingin bikin yang lain. Cari-cari resep puding, inget kumpulan resep puding di acara NCC Week Puding. Oce kali ini mau nyontek pudingnya mbak Peni. Sambil main bareng Adi, kita bikin puding rame-rame. Gak lengkap kan kalo gak ada loyang kartun anak2.

Mo tau resepnya… eits jangan bilang ribet ya… kalo gak mau ribet gak  usah dilapis-lapis pudingnya. Ini resep aslinya

Resep PUDING BISKUIT
Diambil dari : resep milik ibunda mbak Peni Respati

Bahan :
20 biskuit marie
50 gr gula pasir, buat caramel
1 sdt kopi atau mocca essence

2 bungkus agar2 [tdk berwarna]
1 ltr susu UHT tawar
100 gr gula pasir
2 kuning telur
3 sdm susu kental manis putih
Pewarna merah & coklat

Vla Kopi/Mocca :

Didihkan :
500 cc air + 6 sdm susu kental manis putih
6 sdm gula pasir
1 sdm maizena
2 kuning telur
½ sdt pasta kopi/mocca

Cara :

1. Menyiapkan biscuit marie
    – Buat caramel dari 50 gr gula, tambahkan kopi essence
    - Tangkupkan setiap 2 buah marie dengan lapisan caramel ditengahnya
    – Lakukan dengan cepat supaya caramel tidak keburu keras/kaku
       [Hati2 jangan sampai kena tangan yaa..karena gula caramel sangat panas]

2. Membuat pudding
     - Masak susu, agar2 & gula sambil diaduk terus agar susu tidak pecah, gunakan api kecil-sedang
     – Masukkan kuning telur, dengan cara dipancing adonan agar-agar, tuang sambil aduk cepat
     – Setelah mendidih, angkat, matikan api, tambahkan 3 sdm SKM, aduk rata, saring.
         [ssst…percaya ga percaya, penambahan 3 sdm SKM di bagian akhir ini, bikin pudding kita jadi makin lezat lho!]
     – Bagi adonan dalam 2 panci, ½ diberi pewarna merah, ½ lagi diberi pewarna/pasta coklat
 

    – Tuang ½ adonan pink dalam Loyang bulat 20/22 cm, tunggu hingga keras
    - Kemudian susun biscuit marie masing2 menjadi 2 tangkup, seperti ini tekan setiap 2 tangkupan biscuit dengan gelas berisi air
    – Tuang ½ adonan coklat [sudah dipanaskan kembali], tunggu hingga keras
    – Tuang lagi ½ adonan pink [sudah dipanaskan kembali], tunggu hingga keras
    – Angkat gelas berisi air setelah dipastikan biscuit hampir sepenuhnya terendam pudding
    – Terakhir masukkan sisa adonan coklat yg sudah dipanaskan kembali untuk menutup permukaan biskuit, bekukan.
    – Disajikan dingin dengan vla kopi/mocca.

Catatan:

- Pastikan lapisan pertama sudah beku/keras sebelum dituang lapisan berikutnya
- Pada saat menuang lapisan berikutnya, adonan yang akan dituang biasanya sudah terlanjur beku, untuk itu panaskan kembali untuk mencairkannya.
- Fungsi gelas berisi air adalah penahan agar biscuit marie tetap duduk manis di tempatnya/tidak mengambang saat dituang adonan pudding.
- Pastikan gelas cukup berat untuk menahan biscuit, berukuran proporsional sehingga tidak saling bersinggungan dan diisi air matang dlm jumlah yang sama.

 Nah ini hasil buatan Adi dan bundanya… Lhaaa mana biskuitnya…..

Puding yang berbentuk kartun gak pakai biskuit, yang besar itu yang pakai biskuit. Penasaran liat biskuitnya….

Nah ini yang ada biskuit nya…. cantik kan jadinya….

Itu ada bolongan di puding, sepertinya dari gelembung pada saat nuangin adonan pudingnya. Makanya lebih baik setelah dituang, dibanting2 kecil biar gelembungnya pada pecah.

Berani mencobaaa….. ????

About these ads

20 thoughts on “Puding Biskuit

    • bukan, itu cetakannya model kayak tempat es gituh. Uangel banget ngelepasin dari cetakannya.
      Sebenarnya kesel pake cetakan ini, tapi apa daya ndak punya lagi. Akhirnya.. dapat oleh2 dari banyumas… tak sabar menunggu.
      Itu cetakannya satuan kayak cetakannya debi kan..?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s