Resep Kukis Hias

Ini permintaannya mbak Fety di Japan, setelah mengintip dan akhirnya melototin postingan Kukis Hias (Decorated Cookies). Resep kukis hiasnya mbak Peni Respati yang sudah mendunia…cieee.

Butter cookies

bahan :
150 gram salted butter
150 gram margarine
350 gram terigu, sangrai dulu
2 kuning telur
25 gram maizena
25 gram susu bubuk fullcream
150 gram gula halus
1/2 sdt pasta vanilla

cara membuat :
aduk mentega, margarine & gula halus dengan spatula
adonan dimixer sekedar untuk meratakan, sebentaar aja
lalu masukkan kuning telur, aduk lagi dengan spatula
masukkan vanilla pasta, aduk lagi
masukkan tepung2an [maizena, susu bubuk & terigu] yang sudah diayak
aduk lagi sampe dirasa udah pas dicetak, pada tahap ini sah2 aja kalo menambahkan terigu, namun hati2 ya, masukkan sedikit2 saja & ditimbang agar nggak kebablasan :)) , cetak dan Panggang sampai matang.

Royal Icing

60 cc putih telur [kira-kira dari 2 btr telur]
225 gr gula halus, ayak dulu ya.
1 sdt cuka (saya gak pake, jd air jeruknya 2 sdt)
1 sdt air jeruk nipis

mikser putih telur & gula halus sampai kental
masukkan cuka, kocok lagi
masukkan air jeruk nipis, kocok lagi sampai rata.

bagi beberapa bagian, beri pewarna, kemudian langsung masukkan dalam piping bag, ikat erat.
icing siap digunakan untuk menghias kukis.
setelah dihias, kukis dipanggang lagi ya, ini dilakukan untuk mematangkan icingnya.
tanda matangnya, icing sudah cukup set/mengeras.

Ocee kalo ada pertanyaan silahkan isi dikolom komentar ya..

About these ads

76 thoughts on “Resep Kukis Hias

    • Hai Vidi…
      Gagalnya gimana ?
      Gak kering/lengket terus?… sepertinya bermasalah dgn gula halusnya. Gula halus yang kebanyakan maizenanya pasti lengket terus. Memang susah memastikan gula halus yg bagus seperti apa. Aku biasanya pake gula halus / icing sugar yang di kotak warna merah maroon (lupa nama merknya)

      Oiya pastikan juga putih telurnya tidak dingin, maksudnya sudah bersuhu ruang.

      Jk semua bahan sudah dipastikan fresh, bagus dan sesuai resep, sebenarnya saat setelah dihias dan menunggu dipanggang, royal icing-nya mengering. Pemanggangan hanya untuk mematangkan putih telur dan memastikan royal icing kering.

      Manggangnya gak lama sekitar 10 menit dengan api keciil.

  1. mbak,kalo manngang kue keringnya pake berapa derajat dan berapa lama ya, begitu jg dengan icingnya kan 10 menit,untuk derajatnya berapa ya?makasih

  2. kak.
    mw tax nih.
    kok pas aku bkin kue.x tuh stelah d.ksih icing rasa.x malah pahit ya?
    apa ada yg salah?
    pdahal udh sesuai resep..
    dn pda wktu blm d.kasih icing ras a.x udh enak.
    truz gmana?
    cz icing.x tuh cair bgt kak.

    • Kalo dari bahan icingnya gak mungkin jadi pahit. gula+telur putih+jeruk, kalo kebanyakan jeruk paling asem. ooohh apa mungkin terkontaminasi dari kulit jeruk atau pewarnanya ya…
      aku belum pernah kejadian sampe pahit say

    • kurang lebih 20-30 menit mbak, tapi sebenarnya tergantung oven masing2 sih… memang oven kita harus digauli dulu hehehehe, jd tau kebiasaannya, krn tiap oven itu selalu berbeda. dicoba aja yaa.. lama2 jd tau standarnya oven kita. happy baking

  3. Halo mba,mksh udh sharing resepnya..aku mo nanya,kl icing setelah dibakar kembali warnanya ga keluar kenapa ya? Apa memang pewarnanya ato cara kocok icingnya Чäπ9 bkn icingnya warnanya ga klr dan ga mengkilat kaya punya mba?

    Mksh :)

    • icing lebih haluuuusss… seperti tepung. Kalo gula kastor, gula pasir yang butirannya keciiil-keciiil. Gula pasir diblender nah itu gula kastor. memang keliatannya seperti tepung juga tapi kalo dipegang masih berasa butirannya.

  4. Mba ak ijin copas resepnya ya.. Kmrn dah ak coba resepnya, maaf baru ijin skrg. Soalnya lagi nyari2 resep kukis yg enak. Yang ini paling enak diantara 2 resep yg ak coba.. :D

  5. Sy udh coba resep’y…….alhamdulillah sukses….trm kasih banyak ya udh bagi” ilmu’y….smoga dblz dgn pahala yg besar…..amin…

  6. Ka..ak ijin copas resepnya yah..
    Skalian mau tanya, apa bedanya salted butter sama margarine yah? Apa bole salted butter nya ak ganti margarine aj? Thx kakak..^^

    • salted butter itu mentega asin, dibuat dari susu, wangiii.
      beda ama margarine, kl margarin kan nabati, gak wangii… sama-sama asin.
      Diganti margarin juga boleh tapi jadinya kurang wangi en kurang lembut.
      Moga jawabannya membantu ya..

  7. Mbaa.. Ijin copas yaa.. Sama mau tanya kalo icing sugar hiasannya masih tersisa, bisa disimpan di kulkas nggak? Freezer atau atau kulkas bawah? Trus kalo nanti mau digunakan lagi caranya gimana ya? Thank youu..

  8. aku juga nunggu jawaban pertanyaan mba nina dong. RI ku aga cair, jd aga susah hiasnya. aku lebaran kemarin bikin kue ini loh, alhamdulillah favorit deh. pas dibawa bekal skul anakku, temen”nya pun suka. nah ini malah mau dipesenin buat hajatan temen, makanya pgn bgt nanya gmn cara hias biar bs bagus gt, RI nya encer soalnya

    • Maaf, baru di jawab, masih dalam pemulihan pasca melahirkan… :(
      Teman2 kalo RInya encer, tambah gulanya.
      Next, kalo buat lagi, jeruk nipisnya sedikt2 aja kasihnya (bertahap). Kira2 kekentalannya sudah sesuai, jangan ditambahin lagi.
      Walo terlambat moga membantu ya…
      Maaf ya mb nina en mb dea…

  9. salam kenal mbak Tanti,
    cookiesnya cantiikk sekali, aku jadi pengin bikin juga, tapi kalo aku baca coment/responder diatas kok rasanya susaahh banget deh..jadi ragu2 nih, rata2 mereka ada kendala di icing nya deh, padahal aku pengen bikin buat anak2 ku gak ngebayangin pasti mereka suka. btw mbak bagi tipsnya donk cara molesin icing-nya ke cookies, kok bisa cantik kayak gitu yah, gak belepotan.

    tks,
    Yani

    • salam kenal juga mbak Yani..
      Alhamdulillah terima kasih… Ayoo bikin dong..jangan ragu..
      caranya bukan dipoles tapi di semprot (halah apa ya bahasanya), pokoknya icing dimasukkan ke plastik segitiga,rus digunting ujungnya sedikit aja. trus dkeluarin..
      Nah pertama kl aku buat pinggirannya dulu ngikutin bentuk si cookies, trus baru tengahnya diisi. trus variasi kupu2nya.utk variasi yg bawah,buat 2 garis dgn warna yg berbeda, gunakan tusuk gigi tarik garis keatas.. klo variasi atas hanya di semprot bentuk titik aja.

      oiya, lebih seru libatkan anak2 bikin kuenya. Aku pernah ajak anak2 pas temen2 adi dateng. gambarnya ada di fb, blm di posting disini. wuih seru banget deh.

  10. slam knal mbak tanti,,
    Q bngung bgt bkin icing mbk,,ngocok’nya brpa lma ya mbk,,kmren q bkin tu,gula halusnya tu nyaris 500gr dg putih telur yg cuma 1bji,,trus encer bngt,&rasanya msh amis gtu mbk,,bgi tips dong mbk,,,
    Kukisnya cetttarrr bngt mbk,,,tq
    *syahrinii bgt dah,,,,

    • hahh.. 500gr masa siih…
      kl sudah ditambah jruk nipis gak akan bau amis. curiga deh ama kesegaran putih telurnya. telur yg dr kulkas jgn lgsg dipake ya.. biarkan disuhu ruang dulu.
      adududuh tenkyuu pujiannya.. alhamdulillah sesuatuu…

  11. Mbak, untuk menghias nunggu kukisnya dingin dulu atau bisa langsung setelah keluar dari oven? Daaan apakah icing sugar tuh = gula tabur donat?? Makasiiiih ya mbak

  12. Ass mba, baruuu aja aku coba bikin kukis sama kaya gini, tapi ko RI nya encer yaa jd.melubr.kemana2, kocok gula ama puth tlurnya.lama apa sbntr mba? Replay pliis mba :) thank you

  13. mbak…mau tanya neh…. royal icing’y setelah dipanggang kog tekstur’y jadi kasar,ga licin dan basah ? kira2 apa penyebabnya?? gula halus = icing sugar ga seh??

    ditunggu jawaban’y ya…. hehehe…. :)
    makasih….

  14. mbak, boleh ga cookiesnya setelah dihias pake royal icing ga dioven lg alias cuman dikeringin di suhu ruang aja?

  15. Mb….mo tanya ko RI yg kubuat tu stlh dipanggang lg nempel2 gt ya dijari klo dipegang ga bs kering gt…itu knapa ya mb ya…pdhal wrnya dah ok…mksh ya..

  16. Mbk kalo buat icing dikasih maizena gimana,.? Aq dapat resepnya dari toko kue di temap aq, dan dia juga sering buat kue untuk di jual.
    Kalau terigunya disangrai biar apa mbk? Trus sampai kekuningan ato sampe apa menyangrainya?

  17. Salam kenal mba, aku mau tanya setelah buat garis tepi, perlu dipanggang dulu atau tdk, supaya tdk tercampur dengan warna isiannya, terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s