So-My Siomay Ikan Tenggiri

“Bunda… Abang Siomay kok pulang kampung terus siiihhh, Adi kangen nih..” Whahahahaa… ada gak yang punya anak kangennya ama abang-abang jualan hehehe… itu pasti anak saya :mrgreen:

Siomay langganan kita ini, adanya tiap malam, dan biasanya kalo ayah bundanya lupa beli oleh2, si abang ini penyelamatnya hehehe.

Resep siomay dah di print tapi yoo males rasanya, soale beli ikan tenggiri di pasar gak mau dibeli sedikit, minimal setengah kilo, dan muahaaal. Liat di C4 tenggiri steak per 100 gram 7000-an. Apa emang segitu ya harganya.

Tiba-tiba mbak Ajeng teman pak Aryo nawarin ikan tenggiri beku, siiiippp okelah beliii… skalian dibawa dan dibayarin pak aryo hehehe…

Lanjuuuttt…

Pernah liat siomay yang dijual mahal?? bagus kan siomay pake kain di wiron hehehe.. ya ituuu.. ternyata pake kulit siomay. Duh dimana carinya..??? di supermarket pasti yang ada juga kulit pangsit ya gak…

Inget2 pangsit, disebelah rumah ada juragan bakso malang.. hihihi pesen aja kulit pangsitnya.. tak ada kulit siomay.. kulit pangsit jadilah…

Gini nih resepnya..

Siomay Bandung

(Fatmah Bahalwan)

Bahan:
500 gr  daging ikan tengiri, haluskan
2 sdm   bawang merah halus
1 sdm   bawang putih halus
2 sdt     lada halus
1 sdt     chicken powder (gak punya.. saya pake mas*ko)
3 sdm   gula pasir
3 sdt     garam
1 sdm   minyak wijen
3 btr     telur
400 gr  labu siam, parut kasar, tiriskan
450 gr  sagu tani

Kulit siomay ~ kulit pangsit ajah

Cara membuatnya:

  1. Aduk daging ikan halus dengan bumbu-bumbu halus, tuang telur, aduk rata.
  2. Tambahkan labu siam, aduk rata, lalu tuangkan tepung sagu, aduk rata lagi, sisihkan.
  3. Ambil satu lembar kulit siomay, isi dengan adonan ikan, lipat ketas, rapikan bentuk wiron. Taruh diatas loyang yg sudah dipoles minyak, kukus 20 menit. {saya: langsung taro di dandang kukusan (sarangan yang bolong2 itu loh) yang udah di oles minyak pake kuas biar rata}
  4. Rebus kentang ½ matang, kupas kulitnya, belah dua. Kerat-kerat bagian yg rata, beri adonan ikan. Kukus
  5. Potong pare, buang bijinya, isi dengan adonan ikan. Kukus 30 menit.
  6. Potong kotak tahu, goreng sebentar, kerat-kerat dengan gapru salah satu sisinya, tempelkan adonan ikan. Kukus 30 menit.
  7. Telur rebus belas dua, tempeli dengan adonan ikan. Kukus.

Kentang, pare gak bikin… dikulkas cuma ada tahu putih.. jadi siomay ama tahu aja. Pake telur puyuh juga buat isian siomay biar ada surprisenya. Tambahan jamur kuping yang udah diseduh dan diiris-iris. Untuk mempercantik taburkan wortel diatas siomay. Buat para bunda yang mau menyisipkan sayuran, wortel parut bisa diaduk di adonan siomay. Hmmm jadi cukup komplit juga ya… ada sayurannya (wortel, jamur dan labu siam), karbohidrat (dari sagu), dan so pasti protein (ikan tenggiri).

Kalo gak punya kulit siomay ato kulit pangsit juga gak papa loohh… liat gambar diatas sebelah kanan bawah… itu adonan yang disendokin krn kulit pangsitnya dah abis.

Siomaynya uenaakk… dan hari itu lauk-pauk yang dah disiapin koki rumah kita ndak laku hehehe… kekenyangan ama siomay.

Eh iya lupa resep sambelnya ya..

Sambal Kacang
Bahan:
500 gr  kacang tanah, goreng, giling halus
200 gr  cabe merah
3 bh     bawang putih
2 sdm   cuka
2 sdm   garam
8 sdm   gula pasir
minyak sayur secukupnya
500 gr  ubi merah, matang (cuma pakai 1 buah)
1,5 ltr   air matang

Cara membuatnya:

  1. Blender ubi merah dan air hingga halus, sisihkan.
  2. Haluskan cabe merah dan bawang putih.
  3. Panaskan minyak sayur, tumis cabe dan bawang putih halus, biarkan hingga wangi, masukkan kacang tanah halus dan ubi halus, aduk rata. Biarkan hingga mendidih.
  4. Matikan api, tambahkan garam, cuka dan gula. Lakukan tes cicip, bila sudah pas. Siap disajikan.

Pelengkap penyajian:

  • Jeruk limau
  • Kecap manis
  • Saos tomat

Aku cuma bikin 1/2 resep sambel, dah cukup untuk adonan 1/2 kg ikan.

Sangking terburu2, kacang ta’ blender en hasilnya terlalu halus hehehe… kata pak Aryo kayak sambel pecel.

Musti buru-buru bikin sambel, kalo gak siomay nya dah abis  sambelnya baru jadi… liat nih tak ada sambel siomay.. sambel / saus botol pun nikmaaat.

Yuk dicoba.. walopun agak menguras tenaga..cieee lebayy… tapi hasilnya mengobati itu semua… hmm yummyy..