Amris (American Risoles)

Weekend tlah tiba.. weekend tlah tiba hore… hore… hore…

Bikin apa ya buat ngemil… hehehe.. gimana bunda gak ndut kalo selalu mikir buat ngemil. Beginilah kalo gak ada acara pergi2 keluar rumah. Minggu ini buat Risoles deh secara anakku itu Hantu Risol (sebutan dari eyangnya), skali makan abis 6 buah huaaaa… pantes ndut kayak bundanya hehehe…

Kali ini risoles dengan isi daging asap, telur rebus, keju ditambah mayones.. sedaaaappp… padahal sih males bikin rougut hehehe…

Resepnya dari ibu Fatmah Bahalwan , sebagai berikut :

Bahan kulit:
100 gr               tepung terigu
1 sdt                 garam
3 btr                 telur
250 ml               susu cair
1 sdm                mentega, lelehkan
margarine untuk olesan

Cara membuat:

  1. Ayak  terigu,  taruh  dalam  mangkuk  bersama  garam. Buat lubang ditengah, pecahkan telur di dalamnya, aduk satu arah.
  2. Tambahkan  susu sedikit demi sedikit, hingga adonan menjadi licin dan halus.
  3. Tambahkan susu hingga habis, masukkan mentega leleh.
  4. Tutup adonan dengan plastik, diamkan 30 menit.
  5. Olesi  wajan  dadar  diameter  12  cm dengan margarine, panaskan.
  6. Tuangi 1 sendok adonan, ratakan sambil diputar, 2-3 menit, angkat.

Bahan isi :
4 lbr                 Smoked beef, potong kecil 1 x 3 cm
100 gr               keju cheddar parut
4 btr                 telur rebus, potong kecil
1 butir               telur, kocok lepas.
250 gr               tepung panir.
½ Kg                minyak goreng

Penyelesaian :

  1. Bentangkan kulit, isi dengan potongan smoked beef, potongan telur rebus, sedikit keju parut, lipat spt amplop. Sisihkan. Lakukan hingga kulit habis.
  2. Celupkan risoles isi kedalam telur kocok, lalu gulingkan dalam tepung panir.
  3. Simpan dalam lemari pendingin kira-kira 1 jam.
  4. Goreng hingga kuning kecoklatan
  5. Sajikan dengan saus pedas, atau cabe rawit.

    IMG_0012

Beberapa tips agar risoles terlihat cuantik…

1. Adonan akan tetap lentur dan enak asal tetap menggunakan susu, bukanya air.  Jumlah susu cukupkan dua kali lipat jumlah tepung. Dengan demikian adonan kulit Amris akan pas kekentalannya meski dibuat menggunakan wajan kuwalik sekalipun. (wajan kuwalik = crepes maker).
2. Kejadian pecah risoles saat digoreng bisa karena :  Terlalu lama waktu goreng atau dingin dari kulkas langsung ketemu panas tinggi. Kegagalan ini bisa diatasi dengan cara sbb:

  • Pastikan isi risoles padat dan rapat.
  • Setelah dipanir, masukkan dalam chiller minimal 1 jam agar tepung panir menempel sempurna.
  • Panaskan minyak goreng dengan api sedang, goreng risoles hingga kuning kecoklatan, angkat segera.
  • Jika risoles terlihat menggelembung saat digoreng, tusuk perlahan dengan tusuk sate lancip untuk memberi ruang udara keluar. Niscaya risoles akan mengempis lagi.
  • Pada dasarnya risoles sudah layak dimakan tanpa dgoreng, karena semua bahannya sudah matang dan ready to eat. Menggoreng hanya untuk mendapatkan tekstur crispy dan penampilan cantik. Maka segera angkat bila risoles sudah terlihat kuning emas, tak perlu sampai coklat gelap.

3. Menggoreng Risoles jumlah banyak memerlukan trik tersendiri. Sering kejadian rontokan tepung panir mengendap dibawah dan gosong membuat Amris ‘kloter’ berikutnya menjadi hitam jelek. Hal ini dapat dihindari dengan cara sbb:

  • Siapkan 2 wajan/penggorengan. Satu untuk menggoreng dan satu lagi siap ‘menanti tugas’.
  • Ketika endapan tepung panir terlihat banyak pada penggorengan pertama, segera matikan api.
  • Tuang minyak kedalam penggoreng yang menanti, dan buang endapannya.
  • Penggorengan kedua mulai ‘bertugas’ menggoreng kloter risoles yang sudah antre.
  • Sementara itu wajan pertama siap kembali setelah dibersihkan dari endapan. Begitu seterusnya bergantian dua wajan ini ‘bertugas’ sampai Risoles habis. Niscaya semua Amris tampil kuning cantik.
  • Tapi bagaimana bila penggorengan Cuma satu???…..segera beli satu lagi hehehe….

 

2 thoughts on “Amris (American Risoles)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s