Singkong Thailand…

Sebenarnya dah lamaa banget dapet resep ini. Kalo dilihat bahan-bahannya mirip kolak cuma warnanya putih karena cuma pake gula pasir. Suatu kali pernah nyobain hasil buatannya Mbak Yudhi Moderator Teras Kuliner, rasanya nyanten banget dan wangii pandan.

Ini kolaknya orang Thailand kali ye…

Bahan dan Cara buatnya :
Singkong 1 kg di potong-potong + Air 500ml di masak hingga singkong matang, Masukkan gula 150gr + garam 1 sdt + santan instan 200 ml + 1 lbr daun pandan masak hingga gula larut, aduk2 sekali2 biar santan gak pecah. Masukkan campuran 1 sdm maizena yang sudah dilarutkan dengan sedikit air, aduk rata hingga mendidih dan mengental. Angkat dan sajikan…

di panci

Disajikan..

About these ads

34 thoughts on “Singkong Thailand…

  1. Saya makan singkong Thailand pertama kali di Restorant Golden Rama Surabaya. Rasanya memang enak banget.
    Syokur kalau sudah bisa membuat sendiri jadi nggak perlu repot2 ke restoran he he he.
    Wah foto the owner sudah ganti ya. Pasang sendiri atau nyuruh tukang tuh. Kan sudah di ajari tho nduk.
    Salam hangat dari Surabaya

  2. Selama ini saya hanya kenal singkong rebus,singkong bakar,kolak singkong saja, ehh ada juga singkong rebus berbalut gula merah dan singkong rebus berselimut parutan kelapa.
    Kalau singkong Thailand saya kok nggak lihat waktu saya ke Bangkok dua kali
    Kayaknya enak banget tuh, apalagi kalau gratis.

    • …goreng.. belum disebutkan. Aku masih belum lulus loh bikin singkong goreng yang empuk banget kayak tukang gorengan dipinggir jalan. Sangking keselnya gak empuk2 sampe aku presto.. sebagian ke-empukan alias jadi bubur kekekekeekk. punya tipsnya gak mas kluwung…

  3. Singkong Thailand ? Singkok Bangkok kaleee yang gedenya sak kentongan.Wow…kalau ngrebus singkong itu pasti perlu panci yang besarnya sak kolam renang ya hi hi hi.
    Dilihat tampilan dan bahannya kayaknya enak dinikmati kala buka puasa yaaa.
    Entar nyoba membuat ach.Terima kasih tipnya yang mantap.
    Foto the ownernya kok mirip sekali dengan aslinya yaaaa.
    Salam hangat dari Surabaya

  4. wangina kecium sampai sini, say…. mmmmmm….
    btw buat singkong goreng empuk emang susah… katanya harus pake singkong mentega yang guede2 itu… trus direndem baking powder ato baking soda ya…(lupa, say, mba suka ketuker kalo buat ngempukin singkong) baru direndem bumbu bawang putih n garem.
    blum pernah nyoba siy, blum pernah nemu singkong mentega hehehe…

    • mmmmm… wangiii kaann.
      aku pernah tanya tukang gorengan katanya digoreng dulu terus di rendem air plus bumbu bawang putih en garem. Nah itu dia.. pastinya tergantung si engkong nya. soalnya dah pernah aku coba.. tak berhasil.. uugghhh… teteup ajah atoss.

      • tukang gorengannya gag mw buka rahasia perusahaan tu say, takut ntar tanti gag beli singkong doi lagi hehehe

  5. Rasa cinta pasti ada
    Pada makhluk yang bernyawa
    Sejak dulu hinggi kini
    Tetap suci dan abadi
    Tak kan hilang selamanya
    Sampai datang akhir masa
    (Lagu Renungkanlah, ciptaan dan dinyanyikan siapa ya,lupa…)
    ——–
    Apakah anda mempunya rasa cinta ? Jika ada tuangkanlah dalam puisi dan daftarkan pada acara PARADE PUISI CINTA di http://abdulcholik.com/acara-unggulan/acara-unggulan-parade-puisi-cinta
    Sahabat yang lain sudah disana semua,tinggal menunggu puisi anda. Hadiahnya menarik lho, maka segera ikuti acara unggulan ini.
    Salam hangat dari Surabaya

    • Ini jadinya kentel loh mbak… apalagi kalo resep aslinya di pakein maizena…tuambah kentel.
      Lebih baik maizenanya di anulir aja (maksudnya ditiadakan gituh).
      Makasih dah mampir ya say… en dicoba ya resepnya.. hehehe…

  6. sepertinya enak mba.. :D heheee..
    soalnya singkong.. asal muasal tape.. *penyuka tape dari cake sampe setup*
    btw namanya singkong thailand, emang pk singkong dari bangkok apa?

  7. haduuuchhh bikin n9ileeerrrrr **enak ban9ed wat buka puasa nti sore neeh..

    hemm klu ini aku bsia bikinnya,asal jan9an kue heheh..

    nanti nyubain ju9a ahh,sinkon9 thailand kaya 9imana yah teh?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s