Martabak Manis

Kue Terang Bulan biasa orang menyebutnya.. tapi di jakarta disebutnya Martabak. Kenapa disebutnya martabak ya.. padahal beda banget dengan “martabak” yang sesungguhnya. Namun untuk daerah yang biasa menyebutnya martabak, seperti Jakarta, panganan martabak ini  menjadi dua varian yaitu martabak manis dan martabak asin (telur). 

Nama lain dari kue terang bulan selain martabak manis antara lain apam balik,  martabak bangka, kue pinang bangka, atau martabak bandung (sumber : om wiki)

Contekan resep martabak manis ini didapat dari Saji edisi 144 di kolom three in one.

Bahan Kulit :

  • 200 gr terigu protein sedang (segitiga biru versi bogasari)
  • 1/4 sdt baking powder
  • 50 gr gula pasir (dibagi 2, masing-masing 25 gr)
  • 1/4 sdt garam
  • 200 ml air
  • 1/2 sdt ragi instan
  • 1 butir telur kocok lepas
  • 1/4 sdt soda kue
  • 1 sdm margarin lelehkan

Bahan Isi : margarin untuk olesan, meises coklat, kacang tanah kupas, disangrai, dicincang halus,wijen. (Daku cuma pake meises en kiju.. biar cepet..)

Cara membuat

  • Kulit : ayak terigu & baking powder, masukkan gula pasir 25 gr, dan garam, aduk rata, tuang air sedikit-sedikit sambil di kocok perlahan 10 menit
  • Tambahkan ragi instant , aduk rata, diamkan 30 menit
  • Masukkan soda kue, telur, sisa gula pasir dan margarin leleh, aduk rata
  • Tuang 1 sendok sayur ke wajan anti lengket yang sudah dipanaskan. Biarkan berlubang, tutup sampai matang
  • Oles dengan magarin, isi dengan bahan isi.

Hasilnya…

Penampakannya kurang bagus nih… gak bakat jadi tukang martabak hehehe.. gosong ireng dimana-mana.. rasanya… rasa martabak kekekekeeekkk.. ya iya lah… Enak buat sarapan pagi, sementara panganan ini biasa dijual menjelang malam.

Selamat Mencoba…

PS : kalo sekiranya ribet, beli aja di abang-abangnya ya.

27 thoughts on “Martabak Manis

  1. di Surabaya ada yang menyebut Terang Bulan-terang dikali, tak sedikit juga yang bilang Martabak Manis.

    Saya mengenal martabak manis tahun 1968 an ketika kost di Surabaya. Namun saya lebih suka martabak asin karena rasanya lebih pas dilidah.

    Saya ingin mengatakan bahwa “lebih baik jualan martabak untuk mendapatkan martabat daripada jual martabat untuk mendapatkan martabak”.

    Banyak pejabat yang jual martabatnya untuk mendapatkan martabak ber-ton-ton
    Banyak juga wanita yang menjual martabatnya untuk mendapatkan secuil martabak.

    Salam hangat- sehangat martabak dari Surabaya

  2. Mengapa anda tidak memasang widget shoutbox di sidebar ? Media ini ampuh untuk bertegur-sapa dengan sahabat dan langganan anda.
    Nggak bisa ? Jangan khawatir, Blogex memberikan tip pemasangan shoutbox secara gratis langkah demi langkah.
    Lho kok malah mlongo, segera klik http://mascholik.com
    salam hangat dari Surabaya.

  3. iya, say … dah tau dari mamah… kirain minggu besok…
    duh gag internetan dr kemarin… ke mba iky hari senin seharian, hari slasa nganter aa mo operasi gigi tp gag jadi… hape juga mati total karna gag bawa charger, pakdhe sms belum sempet bales jugah hehehe…
    sedih deh, tadi dateng2 si rabbit sudah terbujur kaku… huhuhu… yang nangis miminya… kalo allz mikirnya dia lagi bobo malah ketawa2, rabbitnyah dicolek2 diajak maen…
    gara2nya cuma mw ditinggal setengah hari doang, gag rencana ditinggal sampe 2 hari, jadi stok maemnya kurang… yah memang sudah takdir yah, akibat mba lalai ngasih makan jadinya mati… langsung dimandiin n dibungkus kain trus dikubur.
    allz tau sih rabbitnya dikubur, dia bilangnya lebit bobo… ‘api alo allz bobo ama lebit, anti aju allz otol…allz bobo amal ajah…’ (tapi kalo allz bobo sama rabbit , nanti baju allz kotor, allz bobo di kamar ajjah…)
    huhuhu… rabbitkyu sayang rabbitkyu malang…

  4. Innalillahi wa inna ilaihi rojiun…
    Poor Rabbit… Maafkan kami ya rabbit…

    Iya mama juga cerita AA pendarahan. Smoga semua baik2 aja ya…
    Teh Desri kemana ya.. masih ujian kali ya.. gak ada kabar2i. “kotak”nya dah sampe kok kata pak pos.

    Pindahnya akhir des, soalnya minggu depan insya Allah ada yang pesan buat natalan, tgl 25 nganter kue ke jtbening. Jadi biar gak repot, selesaikan pesanan dulu, baru beres2. Intinya sih yang penting pindah dulu deh.. biar pikiran lebih fresh.

    Cun chayang buat kaka Allz…

  5. HAI..hai..hai…kuch kuch hota haiiii……daku kembali nih! Kotak ajaibnya dah nyampe say….duh, tengkyu pisan, jadi bingung gimana cara buat balas dendamnya…hahahaa…..tapi tuk sementara dianggurin dulu…kaka Ghiya kena gejala tifus, jadi lebih banyak ngelonin doi ketimbang ngelus inet deh…Alhamdulillah sekarang dah mulai masa penyembuhan….daku nyontek puding sutranya loh kemaren….cuma mangganya diganti ma biskuit marie..kan buat yang sakit ga bole asem2 geto…HLOH…koq malah ngomongon puding? ini kan tentang martabak! yadah….kerjasama sama emang tukang martabak aja deh tuk sementawis ayeuna…

  6. tentang kotak itu….duh…sayyyyy, perhatian banget siy! jadi terharu pisan…..secara teteh beneran ga punya perlengkapan masak yang begono…hehehe…jadi semangat buat praktek…kaka Ghiya juga ikutan semangat….

    • Haiiii…. sudah kembaliii…. senangnyaaa..

      Untuk kaka Ghiya cantik, banyak istirahat ya… biar cepat main lagi sama teman2. sun sayang dari auntie en de’ adi.

      Akhirnya dicoba juga resepnya… gampangkan bikin pudingnya.. gimana tanggapan anak2..?
      Eh iya…Corry ya teh, kayaknya berantakan ya isi kotaknya… hehehe.. kita kan mo’ nularin virus baking ke soreang. Loph yu pull..

  7. iya, rabbit baru mw diposting uda pergi duluan… hiks hiks… maapin akyu rabbit… huaaaa huhuhuhu…. (nangis lagih deh)
    sunsayang jugah dari kakak… tar kapan jadina pindah, kabarin ajah, Insya Allah bisa bantu2 ngelap keringet tanti kekekekkkkkk…😛

    @ auntie desri: tempat pudingna kurang yah, auntie desri…?
    sun buat kk n dd, smoga kk ghiya get well soooooooonnnnnnn…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s