Cookies for Christmas (Putri Salju, Nastar, Kaastengels)

Sudah lama ga update blog hampir bulukan.

Berawal dari pesanan Mbak Eva, akhirnya dapur kecil rusuh lagi dengan kue keringnya. Hihihii maksud hati 3 hari libur mo beres2 buat pindahan, niatnya diurungkan karena perlatan perang belum boleh di packing. Oce deh, ini dia parade cookies for christmas. Hehehe.. ini baru 3 macam, yang lain menyusul ya…

Putri Salju

Putri salju, bukan snow white ketua gank-nya para kurcaci ya.. Sama halnya dengan kue lebaran, putri salju juga menjadi sajian khas di meja tamu saat hari natal. Untuk bentuknya sengaja dibuat dengan cetakan christmas tree yang bersalju cieee… biar pas dengan event-nya.

Untuk yang ingin coba, resepnya bisa diambil dari NCC

Bahan:
250gr      mentega (dibekukan dulu ya..)
100gr      gula halus
200gr      kacang mete (panggang, haluskan)
250gr      tepung terigu

Bahan taburan:
150gr      gula bubuk, aduk dengan 1/2sdt vanilli (optional)
gula donat secukupnya.

Cara Membuat:

  1. Kocok mentega dan gula halus hingga pucat, tambahkan kacang mete dan tepung terigu, aduk rata
  2. Bulatkan adonan, simpan dalam kulkas ½ jam, bentuk adonan
  3. Susun dalam loyang tipis (loyang cookies), panggang dalam oven selama lk. 20 menit, hingga matang.
  4. Panas-panas, gulingkan dalam gula bubuk biasa, setelah terbalut rata, gulingkan dalam gula donat.

Nastar

Nanas Tart itu kali ya asal muasal kata Nastar yang termasuk dalam kue kering dengan selai nanas didalamnya. Renyah dengan wangi butter tapi gak bikin eneg karena ada nanas sebagai penyegarnya. Ini resepnya yang diambil dari NCC juga, silahkan dicoba.

Bahan kulit:
250 gr  Margarine
250 gr  Butter
100 gr  gula halus
4 btr     kuning telur
700 gr  tepung terigu
4 sdm   susu bubuk FC

Bahan polesan:
3 btr     kuning telur
1 sdt     cookie glaze

Cara membuat:

  • Aduk mentega, gula dan telur hingga rata. (mixer speed 1, asal nyampur)
  • Masukkan tepung terigu dan susu bubuk, aduk perlahan hingga tercampur rata.
  • Ambil sedikit, bentuk bulat, isi dengan selai nanas. Susun diloyang tipis, beri jarak satu dengan yg lain.
  • Oven dengan suhu 140’C selama lk. 30 menit, keluarkan dari oven, poles dengan bahan polesan, oven lagi hingga kuning mengkilat.
  • Angkat, biarkan dingin, susun dalam toples, tutup rapat. Kirim ke matraman J

Selai Nanas

Bahan:
4 bh     nanas palembang, haluskan
200 gr  gula pasir
1 sdt     garam
1 ptng   kayu manis

Cara membuat:

Masak nanas halus bersama airnya, garam dan kayu manis hingga kering, tuang gula pasir, masak terus dengan api kecil hingga kering dan liat. Angkat.

Untuk yang malas bikin selai nanas, di TBK (toko Bahan kue) sudah terjual selai nanas untuk nastar. Ingat ya.. selai ini lebih kering dibandingkan dengan selai nanas untuk polesan roti.

Kastengel

Selanjutnya kastengel, kue kering klasik ini selalu menjadi favorit. Sensasi krenyes-krenyes parutan keju edam/parmesan nya bikin ketagihan. Resepnya ini di copy dari NCC ya..

Bahan:

300 gr  mentega
200 gr  keju tua parut (edam/parmesan)
400 gr  tepung terigu
2 sdm   susu bubuk
2 btr     kuning telur

Bahan polesan:

2 btr     kuning telur

Taburan: Keju cheddar parut.

Cara membuat:

  1. Kocok mentega dan telur dg kecepatan rendah, sebentar saja, masukkan keju, aduk rata, masukkan tepung terigu, aduk rata.
  2. Tipiskan adonan dengan bantuan plastik lembaran, cetak, poles dengan bahan polesan, taburi keju cheddar parut.
  3. Tata di loyang. Oven hingga matang. Suhu 125’C selama 20 menit.

Ayoo silahkan dicicipi.

Edisi selanjutnya ada afghan biscuit, ditunggu ya…

14 thoughts on “Cookies for Christmas (Putri Salju, Nastar, Kaastengels)

    • xixixi… aku kalo lagi gak ngantor juga masih blewpotan teriguh nih.. masih ada PR lagi buat ntar malem. Pas banget 3hari ini bos2 lagi pada Rapat Kerja… so… kita2 asal masuk ajah. Yang lain mah pada jalan2 ke mall, aku dgn pede jaga kantor aja… padahal mah ngeblog hehehe…

  1. ayooo…ayoooo…pada pada blepotan terigu….kalo deket kubantuin…yah paling ga..ngebulet-buletin nastar ato nyetak2 si putri salju juga boleh…hehehe..serasa lebaran yah….maju terussss…..tinggalin ajah si teteh ini yang masih mules karena diare…hehehe

    • Aduhhh masih mules teh… pasti teteh juga lagi sibuk yah… sibuk mondar-mandir hehehe. Paling gak enak deh kalo diare, lemess tapi musti bolak-balik ke doubleyusi. Pake daun jambu klutuk aja teh. Inget deh terakhir aku diare dan musti ke Merak & Bakauheni, ampyuunn di kapal aja aku buang2 air. Akhirnya kunci toilet-nya kapten aku bawa2 aja sampe kapal merapat ke dermaga. trus cari daun jambu, biar gak nyusahin teman2 yang lain.

  2. say, mba mw posting kuker ney… tapi resep nastar n putri saljunya ntar mba suruh liat di sini ajah ya kekekkkk… mba si pemalash haha…

    o iya, tadi udah kasi ke mamah yang MMMIA : my mom my inspiration, always
    trus qta ketawatiwi deh ngebayangin hal2 yang lucu2 di masa lalu hihihi…

  3. Saya masih punya kastengel sisa lebaran kemarin..ha ha ha.
    begitulah orang Indonesia, mbuat kue banyak2 tamunya kurang bernafsu,mungkin mlenger lihat kuen lebaran kok lebaran. ya udah tak makan sendiri aja lagi.
    Salam kastengel hangat dari Surabaya

    • Walahhh.. cepat dihabiskan loh pak de.. atau kirim aja kesini deh.. aku siap menghabiskan.
      Iya memang tamu juga pada bosen kali ya.. kalo aku mah gak bosen2 deh, sekalian icip2 kastengel dapur tuan rumah.
      Kita pernah loh lebaran sampai gak punya kue, karena memenuhi pesanan, bakul kuenya gak sanggup lagi bikin… akhirnya asal ada aja.. beli di pasar senen. Saat itu kalo mo kue enak tinggal meluncur ke rumah mbak or mamah hihihiiii…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s