Bolu Kukus Ketan Item

Untuk mimi terchayang… ini tepung ketan itemnya baru aku olah… tapi karena belum punya loyang chiffon en mimi belum kasih tau tipsnya (😥 padahal dah janji mo di post-in), jadinya dibikin bolu kukus aja deh.

Heheheee.. gak deng miii… adikmu ini hanya cari2 alasan aja… peace ah..😆

Secara aku cuma punya kukusan nasi ala kadarnya, dan stok loyang yang ada gak muat ama ini dandang, jadiiiii pake cup untuk cupcake. Halaahh.. yang penting jadi kue deh… duduudduhh.. wanginya ketan item itu khas banget, muanteeebb.

Kemarin itu resepnya begini nih..

Bahan :

  1. 6 btr Telur
  2. 200 gr Gula Pasir
  3. 1 sdt Cake Emulsifier
  4. 350 gr Tepung Ketan (dari mimi merek Mawar)
  5. ¼ sdt Garam
  6. 150 ml Minyak sayur
  7. 200 ml Santan

Caranya :

  • Kocok telur, gula, garam, dan cake emulsifier hingga kental dan putih.
  • Masukkan tepung ketan hitam, aduk rata. Tuang minyak dan santan, aduk rata.
  • Masukkan adonan kedalam cup atau loyang yang telah dipoles mentega dan ditabur tepung tipis-tipis, hingga ¾ tinggi cetakan, kukus selama 40 menit atau hingga matang. Angkat.

Mendekorasinya, kita bisa ikutkan anak2 untuk membantu, cuma kali ini Adi gak mau ngedekor.

Oiya aku ngedekornya pake coklat putih (White Cooking Chocolate : WCC). Coklat putih ini di potong2 kecil, masukkan ke dalam plastik segitiga, trus dimasukkan ke dalam air panas hingga coklat meleleh. Nah karena masih panas, makanya Adi gak mau pegang.

Penasaran lihat hasilnya… This Is It….

Eit tak ketinggalan, piringin juga khusus pak Aryo… (si Bunda lagi sok romantis nih..)

34 thoughts on “Bolu Kukus Ketan Item

  1. et dah, atas gw cepet bangget…..😆

    waaw,waaw, waaw,,,Ayah Adi jadi makin cinta sama Bunda Adi😳
    secara perutnya dimanjain tiap saat sama Bunda….

    • atas yang mana say…?
      kalo perut pak aryo apa aja masuk deh, gak pernah rewel. Bahan percobaan yang gak begitu enak aja, dilahap juga hehehe.. makanya loph-nya puuul banget.

      • Ohhh.. nyang ntu…
        Ada theme baru di wordpress… suka banget ama coklatnya…
        eh ternyata bunda Lily juga pake theme yang sama.
        Duh lagi males banget ngapdet blog nih..

    • Baik sayang.. alhamdulillah…
      kangen juga uy…
      duh semoga musim kesurupan di sekolah bisa segera dienyahkan ya..
      Jangan banyak ngelamun ya say, banyak berdoa.
      Salam sayang selalu..

  2. wohaaa…aku maniak ketan item, selama ini taunya ketan item dibubur doank mbak, yesss lihat resepnya kyknya bs bikin kue gampang dr si item..tengkiyu mbak😀

  3. first : 9anti theme la9i neeh🙂

    coklatt,sukaaa he he

    second:

    aku suka ketan item,apala9i dibikin cake ato bolu hemmmm..enaaakkk *n9iler

    teteh mauuu doon9😦

    *kapan kapan minta kakak wat buatin ah*

    • first : kemarin diutak-atik ama ayahnya adi, katanya theme yang kemaren gak bagus gelap, trus dicari2 theme yang lain eh aku suka theme cuklat ini. smoga gak lama nyampe kesininya ya..

      second : ketan item gini emang paling enak dibikin chiffon (menurutku), kalo dibikin bolu kukus begini lebih padet, tapi enak, wangi ketan itemnya itu hmmmm…

      mauuu.. kapan dong kita ktemuan… emang wi3ndcay mo ke luar negri ya..?

  4. Salam kenal…
    Infonya sangat bemanfaat…tp paling pa buat istriku…ok dech istri ku nanti langsung tek kasih tau resep ni?
    tp kalau berkenan kuenya bisa di antar kerumah saya…hee….

    • Salam kenal mas…
      oce deh salam buat istrinya ya… kalo resepnya jadi di coba, jangan lupa kabar2i disini ya..
      anter kerumah…. kesini aja deh.. ditunggu nih hihiiii…

  5. Wah mau dung. Bentuknya seperti biskuit oreo. Tak sabar ingin segera mencelupkannya di susu sapi lalu memakannya tapi apa daya sampai saat ini sapinya belum mengizinkan susunya untuk dicelupin oreo.

    • hihiii.. tampak atas aja kayak oreo, tapi rasanya ndak lah yauw..
      ya udah titip anak sapi aja, ” Piii… tolong titip oreoku di celupi susu ibu mu ya..heheee”😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s