Onde-onde Ketawa (dipaksa ketawa)

Masih ingat dengan kue onde-onde ?

Ya.. kue berbentuk bulat dengan isian kacang hijau dan variasi wijennya. Tapi yang gak ada isiannya juga ada loh… dikenal dengan nama Onde-onde Ketawa. Dengan bahan dasar terigu, bentuknya bulat juga hanya lebih kecil dari onde pada umumnya. Makanan jaman baheula ini, dulu masih banyak di warung-warung, sekarang udah susyah dapetnya.

Yuk ah kita coba mbuat…

Resepnya di dapat dari NCC / ibu Fatmah.

Bahan:
500 gr    tepung terigu protein rendah
1 sdt   Baking Powder Double Acting (BPDA)
150 gr  gula pasir
50 gr   margarin
1 sdt   vanilli
4 btr   telur
 
Bahan lain:

1 mangkok   air
100 gr      wijen putih
1 ltr       minyak goreng
 
Cara Membuat:
1. Campur tepung terigu dan BPDA, aduk rata. Sisihkan.
2. Kocok mentega dan gula pasir hingga lembut, masukkan telur satu persatu sambil tetap dikocok sampai mengembang. Matikan mixer.

3. Tuang terigu kedalam adonan telur, aduk rata dan ulen perlahan sampai bisa dipulung.
4. Bentuk bulat seperti bola ping-pong, celupkan kedalam air sebentar langsung gulingkan diatas wijen putih.

5. Goreng dalam wajan dengan minyak banyak dan api sedang hingga mekar dan berwarna kuning kecoklatan.
6. Angkat. Tiriskan. Dinginkan dan simpan dalam toples.

Saya buat 1/2 resep.

Hiksss… tapi ada yang aneh nih… ditunggu-tunggu kenapa pas nggoreng si onde gak mlethek alias ketawa-ketiwi yah…  So akhirnya dengan sangat terpaksa si onde dipaksa ketawa dengan membelah permukaan atasnya dengan sutil penggorengan. Hehehee… itu ketawanya sambil bete kali ya… Wong ga mau ketawa kok dipaksa siiihh…

Weis lah.. yang penting sudah terobati kangennya dengan makanan jadul ini.

27 thoughts on “Onde-onde Ketawa (dipaksa ketawa)

  1. iya ya..lama banget ga makan onde onde yg kek gini. Anget anget maemnya, renyah dluar, lembut di dalam. hhmm..nyamnyamnyamm…

    *onde ondenya lagi sakit gigi kali bund, jadi males ketawa, hehehe

  2. keknya di pasar soreang masih ada onde2 ketawa…tapi kalo onde2 isi kacang ijo itu masih banyak yang jual di pinggir jalan.
    tunggu cerita puding sutra saus stroberi teteh yaaa….

    • hihihihi.. masa’ sih bun.
      kok aku cepet kenyang ya… Kalo yang gak bisa brenti kalo belum abis tuh, pas makan kacang. alhasil muka jerawatan… uhuy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s