Chocolate Modelling

Hmmm.. baca sana sini, tertarik juga dengan yang namanya chocolate modelling. Apa sih chocolate modelling ????

Chocolate Modelling / Modelling Coklat adalah pasta coklat leleh lentur yang dibuat dari cokelat dan menggabungkan dengan sirup jagung dan / atau sirup sederhana (terbuat dari gula dan air).  Terutama digunakan oleh cakemakers dan toko kue untuk menambah dekorasi untuk kue, cokelat pemodelan dibentuk menjadi berbagai bentuk dan struktur yang dapat dimakan, lebih lembut seperti frosting buttercream , marzipan , atau fondant . Modeling cokelat dapat dibuat dari putih , gelap , semi-manis , atau coklat susu

 

 Cara pembuatan coklat modeling :

50 gr air50 gr gula, Didihkan kurleb 5 menit, matikan api.

Masukan : 150 gr glucoseAduk rata dengan sendok kayu

Masukan : 500 gr DCC (Dark Cooking Chocolate)

Aduk rata semua bahan

Taruh adonan dalam mangkuk alasi dengan paper towel, tutup dengan plastik wrapping. Simpan semalaman. (kalo bisa dikamar yg sejuk)

Besoknya, buang minyak/air yang ada (tiriskan) ganti alas paper towel-nya. Uleni sampai lembut (gunakan sarung tangan plastik).
Proses ini bisa diulang 2 atau 3 kali kalo minyaknya masih ada. tiriskan, diamkan sampai padat. simpan ditempat kering dan sejuk(spt kamar ac), adonan sudah siap digunakan.
(sumber : blognya mbak Tati Kurnia)
 
Resep lainnya dari Collata
WCC/White Chocolate Cooking = 700 gr
Colour Chocolate = 300 gr
Air = 35 gr
Glucose = 150 gr
Cara membuat :
Campurkan coklat panas dengan air dan glucose yang sudah dipanaskan. Aduk sampai keluar minyak. Buang minyaknya. Simpan coklat di kantong plastik sehari sebelum digunakan.

 

Pada saat pembentukan cokelat modeling sebaiknya bekerja pada suhu ruangan yang sejuk, karena coklat rentan meleleh.
Coklat modeling yang sudah jadi bisa disimpan lama, kalau agak mengeras uleni lagi sampai agak lembut (seperti fondant/plastik icing).
 
 

21 thoughts on “Chocolate Modelling

  1. ow ow ow…. adekku yang rajin inih uda bikin coklat modelling… kherennnn….😀

    bow, ngewarnainnya pake pewarna biasa bisa gag, or kudu pake pewarna yang berbasis minyak? tapi pewarna berbasis minyak uda terbukti halal gag ya… ?? :mikir:

    • Kudu pake warna oil based mbak…
      Hihihii tapi aku gak mau pake pewarna, langsung dari warna coklatnya aja. Makanya customernya ta’ wanti2 kudu nurut en cuma ada warna sesuai coklat dipasaran. Kalo minta warna lain pake fondant ajah..
      Hehehe.. tukang kuenya galak…

    • ho oh namanya bukan coklat. Namanya olahan gula… cuma krn yang ngeluarin perusahaan coklat, jadi namanya kebawa2 coklat deh. Tapi uenak juga loh miyy..

  2. Mbak, mau nanya tentang resep chocolate modelling dari Collata, keliatannya resepnya itu tujuannya untuk mengganti lemak dengan air ya? karena setelah itu lemaknya dibuang..

    Jadinya manis banget ga adonannya setelah jadi? (dibanding klo lemaknya ga dibuang, tapi kalo suhu panas agak ganggu ya karena bikin coklat leleh)..

    Tapi kayanya klo ruangannya cukup dingin (gak panas) cukup deh klo buat nyimpen adonan chocolate modellingnya, ga bikin sampe meleleh, ya ga siy? =D

    lia http://adralia.wordpress.com

  3. Mbak, mau nanya tentang resep chocolate modelling dari Collata, keliatannya resepnya itu tujuannya untuk mengganti lemak dengan air ya? karena setelah itu lemaknya dibuang..

    Jadinya manis banget ga adonannya setelah jadi? (dibanding klo lemaknya ga dibuang, tapi kalo suhu panas agak ganggu ya karena bikin coklat leleh)..

    Tapi kayanya klo ruangannya cukup dingin (gak panas) walopun ga pake ac cukup deh klo buat nyimpen adonan chocolate modellingnya, ga bikin sampe meleleh, ya ga siy? =D

    lia http://adralia.wordpress.com

    • Hai mbak Lia salam kenal..
      Maaf baru dibalas..

      Kalo dari penjelasannya Collata, air itu untuk merusak si coklat dan fat/minyaknya keluar, sehingga si coklat bisa lebih padat.

      Rasa manisnya sama dengan rasa coklat awalnya (bentuk balok), berbeda dengan fondant, coklat modeling ini tidak semanis fondant dan rasanya sesuai dengan rasa coklatnya (misal coklat warna pink : rasa strawberry, coklat hijau : rasa pandan)

      Nah, buat nyimpen adonan yang udah jadi, disuhu ruang juga oke, tapi pada saat mengolahnya, karena suhu tangan kita panas, sangat dianjurkan untuk diolah di ruang ber ac/ sejuk.

      Terima kasih ya sudah mampir kesini…

  4. Glucose itu apa siy?? dan bisa beli dimana ya? berbentuk cair atau bubuk siy???😀 maap banyak pertanyaan hihihihi pgn banget coba buat tpi bingung sama glucose yg disebut di resep2… apakah sama dengan simple syrup + corn starch?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s