Zuppa Soup

Zuppa soup ini dibuat karena gak kesampean ke kondangan, gak tanggung-tanggung ada undangan pernikahan teman kantor di dua tempat, pada waktu yang bersamaan, malam hari, dan eng ing eng saat itu hari hujan. Kalo di kondangan makanan yang pertama di incer pasti kelompok pergubug-an, yang buffet mah dah biasa lah.. pasti nasi ama lauk-pauknya… gyaa gaya bangeeett emangnye sama ama menu dirumah..🙄

Pokoknya inceran pertama pak Aryo itu kambing guling, yang pasti ini kambing dalam kurang dari 30 menit pasti udah raib dan ngauntrinya paling panjang, coba deh perhatiin ya kalo kondangan (hehehe.. yg kondangannya punya menu binggul yee). Nah yang keduanya Zuppa Soup nih, anget-anget slrruuup dari cream soupnya dan kres lembut dari pastry-nya, hmm…yummy..

Sekarang kita coba ya…

Pertama buat soupnya dulu, pakai resep sup krim ayam jamurnya bu Fatmah.

Bahan:
100gr    jamur kaleng, cincang
150 gr   ayam rebus, potong dadu
50 gr     bawang bombay, cincang
1,5 lt     kaldu ayam
250 ml   susu evaporated
50 gr     tepung terigu
100 gr    mentega
½ sdt     lada bubuk
2 sdt      garam
1 sdt      chicken powder

Cara membuatnya:

  1. Lelehkan mentega, tumis bawang Bombay hingga layu, masukkan tepung terigu tumis terus hingga tepung matang segera tuangi susu dan kaldu sedikit demi sedikit  sambil diaduk rata hingga kaldu dan susu habis. Biarkan mendidih.
  2. Masukkan garam, lada bubuk dan chicken powder, aduk rata, lalu masukkan ayam dan jamur. Aduk dan biarkan sampai mendidih. Angkat.
  3. Lebih lezat bila disajikan hangat.

Sup ini di tuang ke dalam alumunium foil, hehehe maklum gak punya mangkok keramik ala zuppa soup, trus di atas mangkuk alu foil di letakkan adonan pastry. Gimana bikin adonan pastry-nya… hehee.. lagi males en gak mau ribet, si adonan pastry ini beli aja di toko bahan kue, udah langsung pake, ndak perlu ngaduk adonan lagi hihihii.

Oiya adonan pastry ini ada yang udah bentuk lembaran, ada yang masih bentuk adonan, jadi perlu di giling lagi. So pasti daku pilih yang lembaran, tinggal potong sesuai ukuran, letakkan di atas mangkuk, panggang hingga kuning dan lembaran pastry-nya terlihat.

Adonan pastry ini kan harus disimpan dalam freezer, jadi sebelum dipakai dibiarkan dulu sampe nggak keras lagi. Karena dah pada ribut nungguin si zuppa ini, akhirnya adonan pastry masih dingin langsung pasang di mangkuknya, hasilnya jadi kurang memuaskan, tapi teteup rasanya yummy…

Sangking ga sabarnya, ndak punya foto cantik si zuppa… Adanya foto zuppa yang sudah diterkam Adi en Ayah

13 thoughts on “Zuppa Soup

    • Monggooooo…
      coba di kerfur kali ada. Ato di toko bahan kue Titan klapa gading/fatmawati.
      Kalo gak dapet supnya aja udah enak.
      Naaaahhh kalo gak pake sus aja. Resep sus goreng, gorengnya dilebarin. pas mau dihidangkan taro sus diatasnya. yummy juga…

  1. Selamat pagi sahabat tercinta
    Saya datang untuk mengokoh-kuatkan tali silaturahmi sambil menyerap ilmu yang bermanfaat. Teriring doa semoga kesehatan,kesejahteraan,kesuksesan dan kebahagiaan senantiasa tercurahkan kepada anda .
    Semoga pula hari ini lebih baik dari kemarin.Amin

    Jangan ketinggalan, ikuti acara “Gelar Puisi Aku Cinta Indonesia” hanya di BlogCamp.
    Klik :http://abdulcholik.com/2010/08/01/gelar-puisi-aku-cinta-indonesia/

    Terima kasih.
    Salam hangat dari Surabaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s