Resep Kukis Hias

Ini permintaannya mbak Fety di Japan, setelah mengintip dan akhirnya melototin postingan Kukis Hias (Decorated Cookies). Resep kukis hiasnya mbak Peni Respati yang sudah mendunia…cieee.

Butter cookies

bahan :
150 gram salted butter
150 gram margarine
350 gram terigu, sangrai dulu
2 kuning telur
25 gram maizena
25 gram susu bubuk fullcream
150 gram gula halus
1/2 sdt pasta vanilla

cara membuat :
aduk mentega, margarine & gula halus dengan spatula
adonan dimixer sekedar untuk meratakan, sebentaar aja
lalu masukkan kuning telur, aduk lagi dengan spatula
masukkan vanilla pasta, aduk lagi
masukkan tepung2an [maizena, susu bubuk & terigu] yang sudah diayak
aduk lagi sampe dirasa udah pas dicetak, pada tahap ini sah2 aja kalo menambahkan terigu, namun hati2 ya, masukkan sedikit2 saja & ditimbang agar nggak kebablasan :)) , cetak dan Panggang sampai matang.

Royal Icing

60 cc putih telur [kira-kira dari 2 btr telur]
225 gr gula halus, ayak dulu ya.
1 sdt cuka (saya gak pake, jd air jeruknya 2 sdt)
1 sdt air jeruk nipis

mikser putih telur & gula halus sampai kental
masukkan cuka, kocok lagi
masukkan air jeruk nipis, kocok lagi sampai rata.

bagi beberapa bagian, beri pewarna, kemudian langsung masukkan dalam piping bag, ikat erat.
icing siap digunakan untuk menghias kukis.
setelah dihias, kukis dipanggang lagi ya, ini dilakukan untuk mematangkan icingnya.
tanda matangnya, icing sudah cukup set/mengeras.

Ocee kalo ada pertanyaan silahkan isi dikolom komentar ya..

92 thoughts on “Resep Kukis Hias

  1. Mba…mau tanya yah..aku udaj bimin nih tapi ri na setelah dipanggang kok kasar yah ngak seperti punyaba atau cookies lain yg saya liahat di web…halusa bgt n licin…bisa tolong dibantu mba? Thx

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s