Bitterballen Macaroni Sausage (Bola Makaroni Sosis)

Resep ini dicoba untuk sangu jalan-jalan ke Taman Mini, acara Family Gatheringnya DNPI. Aslinya gak pakai sosis. Sebelumnya pak Aryo cerita kalo temennya punya anak yang susah banget makan. Anak ini hanya suka sosis, kira2 kreasi apa ya.. yang pake sosis, biar sosisnya gak cuma digoreng aja.

Akhirnya, karena emang udah pingin banget nyobain resep ini, soale mudah dan kebetulan bahannya ada, sosis jadi pemanis sekaligus penambah selera makan anak2.

Kali ini adi yang masak..

Ini resepnya.. maaf saya lupa sumbernya darimana.. btw terima kasih ya untuk para sumber.

Bahan

2 sdm margarin

3 sdm tepung terigu

250 susu cair

1 sdm seledri cincang (saya ganti oregano)

3 lbr daging asap, potong bentuk dadu (saya pakai daging giling)

150 gr makaroni, rebus, tiriskan

sosis sapi potong 3, belah bagian atasnya jgn sampai putus.

75 gr keju cheddar potong dadu (saya pakai keju melt potong kotak kecil)

garam, merica, pala, & 1 sdt gula pasir

Bahan Pencelup

3 btr telur ayam, kocok lepas (saya pakai putih telur aja… masih banyak stok puttel sisa bikin bolgul)

150 gr tepung panir kasar (Pangko)

Minyak goreng

Cara Membuat

1. Panaskan margarin, tambahkan tepung terigu, aduk sampai berbutir.

2. Tuang susu cair sedikit-sedikit sambil diaduk sampai licin, tambahkan oregano, dan bumbu-bumbu, aduk sampai rata.

3. Masukkan makaroni, aduk sampai bergumpal. Ambil sedikit adonan, pipihkan, isi dengan keju dan sosis, bentuk bulat adonannya, biarkan sosis mumbul keluar, jadinya seperti pentungan.

4. Gulingkan dalam teoung pangko, celup ke telur, gulingkan kembali di tepung pangko.

5. Goreng dalam minyak panas hingga matang

 

Oiya sebelum di bentuk pun, adonan sudah matang ya… jadi bisa langsung dinikmati, rasanya seperti makaroni schottel.

Bentuknya sebelum digoreng..

Hasil setelah digoreng…

Saat di acara family gathering, anak yang suka makan sosis itu, keliatannya gak tertarik. Huaaaa😥 saya ndak lulus menarik hatinya. Kasihan juga ibunya, kalo saya punya anak seperti itu mungkin juga pusing tujuh keliling stadion halaahh..

Alhamdulillahirobbil alamin… puji syukur padamu ya Allah.. anak saya gak  susah disuruh makan, dia minta sendiri saat lapar. Suami saya gak pernah komplain saat disediakan makanan, walopun makanan terasa kurang rasanya, tetap dilahapnya disertai saran yang sangat membangun dan terus memotivasi untuk menciptakan kreasi2 yummy. Tenkyuu Allah.

Girls dicoba ya resepnya..

6 thoughts on “Bitterballen Macaroni Sausage (Bola Makaroni Sosis)

  1. Hi,saya susi salam kenal ya.. kebetulan saya lagi cari resep somay ehh ,nyasar keblognya mba..dan liat postingan mba tentang bento yg dibawa ke tmii,creativ sekalii.. kebetulan suami saya juga dulu pernah bekerja di Dnpi lho mba.. jadi liat tulisan mba agak tertarik.. resepnya saya ijin untuk dibuat ya mba.. sekali lagi salam kenal ya..

    • Salam kenal juga mbak Susi.
      Terima kasih sudah mampir dan ngobrol2 disini. Silahkan dicoba resep2nya ya..
      Smoga berkenan untuk sajian kumpul2 bareng keluarga.

Leave a Reply

