Doughnut (Donat aja, gak pake kentang)

Tiap lewat jalan balai pustaka rawamangun, ngilerrr liat donatnya Dunkin Donut, apalagi ini toko baru dan lagi melempar diskon. Huhuhuuu… minggu ini harus bikin donat nih. Donat yang gak pake kentang pokoknya.. kenapa ? Hehehe males ngukus en bejek-bejek kentangnya. Ini nih namanya ngilerr tapi males ngeluarin tenaga..

Resepnya dari Tabloid Nakita, judulnya CRISPY AND CREAMY DOUGHNUT

Bahannya :

  • 14 g ragi (aku pake fermipan satu sachet)
  • 50 ml air hangat
  • 355 ml susu cair hangat
  • 100 g gula pasir
  • 6 g garam
  • 2 btr telur
  • 68 g mentega
  • 625 g tepung terigu
  • 1000 ml minyak goreng, untuk menggoreng


Pelapis:

  • 76 g mentega
  • 250 g gula castor
  • 8 ml vanila
  • 60 ml air panas, jika diperlukan
  • 100 g almond, panggang sebentar

Cara Membuat Donat, CRISPY AND CREAMY DOUGHNUT::

  1. Rendam ragi dalam air hangat, diamkan selama 5 menit, atau hingga berbusa.
  2. Campur ragi, susu, gula, garam, telur, mentega, 2 cup tepung terigu. Kocok dalam kecepatan rendah, atau kocok dengan sendok kayu. Masukkan sisa tepung, kocok hingga adonan kalis. Aduk hingga 5 menit atau hingga elastis.
  3. Tempatkan adonan dalam wadah dan tutup, diamkan di tempat yang hangat hingga ukurannya menjadi dua kali lipat. Adonan siap dibentuk.
  4. Taburi tepung dan gilas dengan lembut hingga 1,3 cm tebalnya. Cetak dengan cetakan donat. Biarkan donat mengembang hingga dua kali lipat. Tutupi dengan serbet bersih.
  5. Membuat pelapis: Cairkan mentega hingga setengah leleh, masukkan gula castor dan vanila hingga tercampur rata, angkat dan aduk dalam air panas tambah sedikit air.
  6. Panaskan minyak dan goreng donat hingga matang atau kuning keemasan.
  7. Celupkan salah satu permukaan donat pada pelapis selagi panas, dan taburi dengan almond.
  8. Sajikan selagi hangat atau dalam keadaan dingin.

Untuk 20 porsi
Setelah adonan kalis, maksudnya mau ngikutin resep di gilas… tapi kok masih lengket ke tangan ya… Akhirnya adonan dibagi2 trus di buletin aja. Nah ngebolonginnya pas mau masuk ke penggorengan. Dengan bantuan sumpit gorengnya lebih asyik dan lebih rata coklatnya. Puterr-puteeer terus, jgn lupa dibalik.

Hasilnya enak kres diluar, lembut didalam. Perbedaannya dgn donut bikinan toko, donat ini kalo didiamkan 2 hr jadi batu hehhe keras maksudnya, tapi kalo donat toko masih bisa lembut. Jadi pertanyaankan, itu donat toko dikasih bahan tambahan apa hayoo…

Makanya lebih aman bikin sendiri ya.. ga ada bahan2 aneh yg nanti kita makan. Gak papa cape, ngebesarin otot, membuang lemak. Tapi akhirnya kan bisa menikmati hasil sendiri en puaaasss.

11 thoughts on “Doughnut (Donat aja, gak pake kentang)

    • Haiiii dhila.. kangeeen, alhamdulillah baik say. Dududuh punten ya aku blm bs blogwalking.
      Itu bukan minyak sayang… itu maksudnya gula yg dicairkan ditambah margarin hihiii.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s