Cha-cha chocolate Gravity Cake

Assalamualaykum warahmatullah…

Ini cerita udah lama saat anak wedok ulang tahun ke-3 (posting buru-buru jangan sampe udah ultah ke 4th emaknya belom posting juga). Mumpung anak wedok ini belum maniak dengan tokoh-tokoh kartun, jadinya bikin kue sesuka-suka emaknya ajah.

Cake dasarnya brownies kukus lapis coklatnya NCC, padat tapi lembut, enak, nyokelat banget.

Kepikiran bikin gravity cake karena liat video youtube. Youtube ini salah satu guru terbaik saya hehehe… dikala gak ada waktu untuk kursus, atau gak ada uang lebihan di dompet untuk biaya kursus, youtube dengan modal paket bulanan unlimited bisa jadi guru juga untuk nambah ide-ide dekor dan resep. Gurunya native speaker lagih hehehehe…

Oke.. lanjut cari printilan dekorasi di kerfur, biasa pulang kantor transit di tamini sekuer sebelum lanjut penerbangan no. 40 tujuan pondok gede. Bu guru youtube contohin dekor pake M&M’s dan Kitkat. Ternyata harganya mahaaall… saya pake produk lokal, mengaplikasikan slogan  CINTAILAH PLODUK-PLODUK INDONESIA..H…. saya beli Cha-cha (yang pabriknya di dayeuhkolot deket sekolah saya… siapa yg tanya??). Pagernya cake pengganti kitkat, ada yang serupa, tapi muncullah malaikatnya ibu-ibu yang bisikin…. Heeiii coba itung keliling lingkaran kuenya trus dibagi dengan lebarnya wafer…jadi berapa wafer yang mesti dibeliii…ayooo cari yang hemaatt… jangan boros-boros yaa… uppss

Okelah satu-satu rak snack diliatin ada gak snack yang ukurannya lebar, bentuknya lumayan bagus buat dekor. Naahh… mata tertuju pada Wafel Tango. Lumayan cuma beli 2 bungkus wafel bisa buat 1 loyang cake. Pas lagi diskon… Alhamdulillah…

Gravity Cake

Cara membuatnya : (maaf ya gak ada fotonya… :(  smoga bisa kebayang..)

  1. Cake di cover ganache (Whipcream : Dark Cooking Chocolate = 1 : 2).
  2. Ambil sedotan (straw) yang ujungnya bisa dibengkokkan, isi lubangnya dengan tusuk sate atau dowel.
  3. Bengkokannya sedotan ditempel dengan bungkus cha-cha, ditempelnya pake coklat yang sudah dilelehkan.
  4. Tempel juga cha-cha nya di dalam bungkus, untuk kesan cha-cha keluar dari bungkusnya.
  5. Oles-oles sedotan dengan coklat leleh yang tebal ya.., langsung ditempel cha-cha. Agak sulit nempelinnya karena licin. Saya ngerjainnya diruangan yang dingin AC. Lumayan jadi cepet set-nya. JANGAN ditaro di kulkas ya… warna cha-cha jadi berubah butek… gak kinclong lagi.
  6. Tusuk sedotan di cake, boleh agak miring atau tegak sesuai keinginan. Oiya terserah teman2 metodenya mau ditusukkan dulu baru ditempel cha-cha, atau seperti saya, tempel cha-cha dulu baru ditusuk.
  7. Lanjut tebar cha-cha dipermukaan atas cake, dan di sebagian sisi cake dan cake board.
  8. Tempelkan pinggiran cake dengan wafel tango, biar gak berubah-ubah, ikat dengan pita. Cha-cha yang dipinggiran cake kena pita dong ? lepasin dulu kalo udah keburu ditempel cha-cha untuk tempat lewatnya pita. Teruss oles coklat si pitanya tempel lagi dengan cha-cha.
  9. Buat tulisan ucapan dari coklat yang dilelehkan.
  10. Semoga kebayang ya… kalo ada yang gak ngerti tulis dikolom comment, atau colek saya di WA. Nomornya ada di paling bawah halaman ini…scroll aja terus kebawah sampai mentok.

Semoga terinspirasi ya teman-teman….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s