F1 Ferrari 3D Cake & Fruit Cheese Cake for Alden

Sssstttt… ada juga yang lihat blog ini hihihi…gak nyangka dapet orderan dari customer yang belum kenal sebelumnya. Alhamdulillah, dapat teman baru mba Nenny/Trans7. Bener deh ta’ pikir tau dari mbak Ikki yang juga kerja disana. Ndak taunya mbak Nenny sms en baru aja lihat blog ini. rasanya sueneeeeeng banget.

Invite FB, chat di FB, lanjut lewat inboxnya FB kasih price list dan langsung okeh. Mbak Nenny pesan untuk ultah Alden, buah hatinya. Wah ternyata tanggal pengirimannya pas dihari kerja, kalo ini mah kudu pake kurir, tapi ternyata malam hari request jam 9 malam diantar. Alhamdulillah, kalo itu mah bisa antar sendiri, biar langsung ketemu sama Alden en mamanya.

Cake pertama yang dipesan F1 Ferrari 3D cake seperti yang punyanya Emir, dengan base cake lapis surabaya dan dicover fondant. Oiya ditambah pagar coklat dari DCC (Dark Cooking Chocolate) dan WCC (White Cooking Chocolate).

Ini foto seadanya, hehe gak sempet atur pose cakenya.

Dan cake satu lagi request seperti yang punyanya Eyang ibu. Tapi maaf kali ini gak dapet kiwi ijo, ternyata kiwi nya warna koneng. Rada kurang cerah nih.. maaf ya.. Ta’ pikir jenis kiwi gak mempengaruhi warna dalamnya. Coba lihat hasilnya..

Ternyata menguras tenaga juga ya bikin 2 kue sekaligus, salut buat bakul kue yang sehari bisa lebih dari 2 cake ho..ho..ho..ho.. Rasa lelah langsung hilang setelah dapat message dari mbak Nenny di FB.

Nenny RestmiaNenny Restmia Mbak Tanti…Thx ya kuenya enak bgt..si jagoan kecil juga suka bgt..
berart next time bisa pesen lagi ya mbak.. 🙂
Salam buat keluarga..maaf mlm2 dah ngerepotin buat nganterin kuenya alden 🙂 July 15 at 1:16pm ·

Tak lupa mbak Nenny juga mgirimin foto Alden… uhuyyy tambah seneeeng…

Happy Birthday Alden, Smoga jadi anak sholeh, pintar, sehat, dan selalu berbakti pada orang tua..amin.

Blueberry Cheese Cake

Order dadakan nih….. tapi gak bisa di tolak… hehehe yang pesen teman sejak SD dulu, udah lama gak ktemu dan kangeeeeeen banget. Blueberry Cheese Cake ini favorit sang Mama. Semoga buatanku gak mengecewakan ya… hihiii secara daku hormat banget ama si Ibu yang dulu sering di repotin kalo kita2 pada kumpul dirumahnya.

Skalian nih di sharing resepnya, biar pada bisa bikinnya..

Resep Asli dari Ibu Fatmah Bahalwan

Bahan:

250gr   biskuit coklat pekat
100 gr  margarine, lelehkan
½ sdt    vanilli bubuk
200gr   gula pasir
4 btr     telur
1 Kg    cheese krim
250gr   sour cream

250ml   whipped cream
1 sdm   gula halus (optional)
250 gr  selai blueberry

Cara membuat:

  1. Siapkan loyang bongkar pasang diameter 24 cm, olesi mentega. Sisihkan.
  2. Hancurkan biskuit hingga halus, lalu tuangi margarine leleh, dan vanili bubuk, aduk rata.
  3. Masukkan adonan biskuit pada loyang, ratakan dan tekan perlahan hingga padat, bekukan dalam freezer selama 10 menit.
  4. Kocok gula dan telur dengan mixer kecepatan tinggi hingga kental, masukkan cheese krim, dan sour krim bergantian sambil dikocok terus.
  5. Tuangkan adonan ini kedalam loyang  yg sudah beralas biskuit, lalu panggang dengan cara  au bain marie selama 90 menit.
  6. Angkat, dinginkan di suhu kamar hingga dingin betul, teruskan dinginkan dalam kulkas selama lk. 3 jam.
  7. Sementara itu kocok krim kental dan gula halus hingga kental, sisihkan.
  8. Ratakan selai blue berry diatas cheesecake, hias dengan buah-buahan kaleng,  dan whipped krim pada sisi-sisinya, sajikan. 

Yang daku buat gak pake whipcream karena ngedadak 😦 . Tapi Alhamdulillah cantik juga… hmm narsis nih muji sendiri.

Makaroni Schottel

Ala Italiano lagi nih ye…

Dapat info dari mimi, kalo resep makaroni schottelnya cakefever mak nyoosss banged.. penasaran pingin dicubain, tapi waktunya selalu gak pas.

Hikz ditambah lagi Adi sempet sakit. Katanya sakit perut, dicek perutnya emang bunyi dung..dung..dung.. tanda masuk angin. O..O.. tapi kenapa badannya panas ya… persis kayak sakitnya kaka Allz pas celebrate ultahnya mamah. Di kasih minum obat tolak angin anak2 herbal, lumayan bisa buang angin, tapi tetep aja ngeluh sakit perut.  Wah biar cepet sembuh mah kudu banyak makan biar anginnya kedorong semua. So… akhirnya dibuat juga makschot ini dengan bahan yang emang udah di siapin dari jauh2 hari. Resepnya dari http://www.cakefever.com/

Bahan :

250 gr macaroni elbow, rebus 3/4 matang (masukkan 1 sdm minyak goreng)

200 gr cheddar cheese, potong dadu (diparut juga boleh, tapi lebih berasa kalo dipotong dadu)
1 kaleng kornet yang 198 gram
100 gram daging sapi giling (boleh ganti smoked beef atau apa saja sesuai selera)

Tumis sampai wangi:
1 buah bawang bombay potong kecil-kecil
2 siung bawang putih cincang
Margarin secukupnya untuk menumis

Bumbu:
2 sdt kaldu bubuk rasa sapi (atau sesuai selera)
Gula pasir secukupnya
Bubuk Merica dan Pala (ukurannya sesuai selera, harus dicicipi loh ya)

Aduk rata:
600 cc susu UHT full cream
5 butir telur kocok lepas

Topping:
1 sdm margarine
2 sdm tepung terigu
250 cc susu cair
garam, merica secukupnya
100 gr keju parut

Caranyah

Panaskan kukusan beserta airnya, lapisi tutupnya dengan serbet untuk mencegah air menetes ke dalam kukusan.
Tumis bawang sampai wangi, masukkan daging giling dan kornet. Lalu masukkan bumbu, jangan lupa cicipi sesuaikan dengan selera.

Macaroni yang sudah direbus sampai 3/4 matang (jangan kelamaan supaya tidak lembek), angkat lalu tiriskan. Masukkan Macaroni ke campuran susu dan telur, aduk rata. Lalu masukkan tumisan daging, aduk rata. Masukkan keju, aduk rata. Tuang ke wadah aluminium foil atau wadah apapun yang tahan panas. Masukkan ke dalam kukusan lalu kukus selama 15 menit (perhatikan waktu kukus, wadah yang lebih besar butuh waktu kukus lebih lama supaya matang).

Sementara mengukus, siapkan topping: Lelehkan margarine, masukkan terigu, aduk cepat sampai rata. Tuang susu sedikit demi sedikit sambil diaduk cepat agar tidak menggumpal. Tambahkan garam dan merica.

Keluarkan Macaroni schotel dari kukusan, tuangkan topping lalu taburi keju. Panggang sampai atasnya kecoklatan.

Catatan:

  • Satu resep ini bisa jadi dua loyang ukuran 20 cm atau sekitar 20-25 cup (tergantung ukuran cupnya)
  • Untuk membuat rasanya semakin gurih, sebagian atau keseluruhan susu bisa diganti dengan fresh cream.
  • Daging giling dan kornet bisa dimodifikasi sesuai selera. Bisa pakai smoked beef, sosis dan lain-lain. Kalo buatku, malah aku tambahin irisan wortel, brokoli dan jamur, hehehe.
  • Setelah dikukus dan dipanggang, macaroni schotel ini tahan seminggu di dalam kulkas.

Saking gak tahannya pingin nyicipin, setengah loyang langsung raib. Mimi pernah bilang kalo Adi suka makschot, dududuh emang ponakan mimi ini suka sagala rupa makanan en gak perlu disuruh makan, dah minta sendiri…. hayooo kayak siapa ya…

Ini versi MakSchot potong yang dipercantik. Oiya rada gak keliatan gitu ya dagingnya, soalnya setengah dari kornetnya buat menu yang lain hehehe… :mrgreen:

Selain untuk penyembuhan Adi, sekalian untuk menemani pak Aryo saat browsing dengan minuman kegemaran kita…. air putih… hehehe…

Pisang Goreng Keju

Hari minggu, 2 minggu yang lalu… kelamaan nih gak posting..

Sebenarnya sih ngidam singkong, tapi gak ada yang bagus. Ada pisang… yah jadilah pisang yang dibeli. Pisang Raja lumayan besar-besar.

Simpel aja deh.. pisang dikupas kulitnya, digoreng pake margarin, parutin keju, kasih susu kental manis, dikasih coklat chip juga enak… tapi sangking pucetnya, coba dikecrotin topping selai strawberry.

Beginilah setiap minggu pagi menjelang makan siang harus selalu menyediakan makanan selingan, karena pak Aryo selesai badminton, perut laper, hidangan makan siang belum siap. Yang paling cepat ya hidangan pisang ini, atau singkong goreng keju. Anak-anak pasti juga suka… kecuali anak saya… Adi lebih suka pisang polos yang gak diapa-apain, langsung dipotong dari tempat sisirnya pisang.

Happy Anniversary (16 April 2010)

Alhamdulillah kami sudah 5 tahun hidup bersama. Di Tahun ke-Lima ini banyak sekali pelajaran yang sudah kami dapatkan, dan masih harus terus belajar agar rasa percaya di antara kami bisa terus terjaga… (hmmm jadi serius nih..). Ini dia pelajaran untuk kita semua..

  • Konsistensi. Dalam segala hal, perkataan kita, khususnya yang sifatnya janji akan terus direkam oleh pasangan. Ketika kebiasaan yang terbentuk dari sebuah janji (yang dibangun berdasar kesepakatan) terlanggar, tak heran jika pasangan kita akan merasa terkhianati kepercayaannya.
  • Tepat waktu. Ya, sesekali terlambat memang bisa dimaafkan, tapi jika berkali-kali? Ingat, ketika kita menetapkan waktu untuk bertemu atau melakukan sesuatu, itu berupa janji, juga, lho.
  • Lakukan apa yang kita katakan akan lakukan. Masih seputar konsistensi, ketika kita mengatakan akan melakukan sesuatu, lakukanlah. Termasuk ketika berjanji untuk menelepon.
  • Jangan berbohong. Bahkan berbohong untuk kebaikan sekalipun.
  • Berusahalah untuk bersikap adil, bahkan ketika dalam argumen sekalipun.
  • Cobalah untuk lebih sensitif terhadap perasaan masing-masing. Sah-sah saja ketika kita dan si dia berbeda pendapat, tapi jangan lupa untuk memikirkan perasaan si dia juga.
  • Jangan lupakan hal-hal kecil tapi penting, seperti memberi kabar. Terutama ketika akan pulang terlambat. Termasuk hal-hal spontan tapi manis, misal memberinya kado sesuatu yang ia sukai di hari ulang tahun atau hari lain.
  • Berbagi peran amatlah penting. Jangan biarkan hanya satu pihak saja yang menanggung satu permasalahan.
  • Usahakan untuk tetap tenang dalam segala kondisi apa pun. Ketika salah seorang bereaksi berlebihan, maka akan ada saja hal yang terasa salah.
  • Selalu pikirkan kata-kata yang akan diucapkan. Jangan sampai terlontar kata-kata yang nantinya akan kita sesali karena kata-kata, sekalinya terlontar, sulit untuk ditarik kembali.
  • Mengungkit hal-hal lama yang pernah menyakiti kita atau dia bukanlah hal yang bijaksana.
  • Hargai batasan pribadi pasangan.
  • Minimalisir dan atur sebaik-baiknya rasa cemburu yang sempat hinggap di hati. Rasa cemburu berlebihan justru bisa membuatnya pasangan kita lari.
  • Jadilah pendengar dan pasangan yang suportif, termasuk ketika ia butuh tempat untuk bersandar.
  • Jangan lupakan humor.
  • Belajarlah untuk merelakan segala hal yang pernah menyakiti, ambil saja pelajarannya, cobalah untuk saling menerima dan menikmati kehadiran satu sama lain.
  • Untuk bisa menjalani hubungan yang langgeng, diperlukan “saling“. Saling berusaha untuk menjaga agar hubungan kita tidak hancur karena tidak dipelihara.
  • Kerjasama, kemauan, dan keterbukaan kedua pihak untuk mau melihat inti permasalahan dan memperbaiki apa yang perlu diperbaiki.
  • Jangan berpikir bahwa masalah yang dihadapi dengan si dia saat ini akan terselesaikan dan tak akan ada jika kita bersama orang lain.

Doa Keluarga Sakinah
Wahai Tuhan kami! Karuniakanlah kepada kami istri dan keturunan yang menjadi cahaya mata, dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang memelihara dirinya (dari kejahatan) .” (Q.S. Al-Furqaan [25]:74)

Ya Allah… Jadikanlah keluarga kami Keluarga yang Sakinah Mawaddah wa Rahmah… amin..

Untuk Anniversary kita tahun ini, karena gak ada perayaan, ya.. bikin kue aja ya.. makan rame-rame dan kirim ke tetangga terdekat.

Strawberry Cheese Cake UnBake , maksudnya di bekuin aja di kulkas, jadi tanpa oven nih. Naaahhh yang belum punya oven bisa dicoba nih resepnya. Tapi karena pake cream cheese, sepertinya bahannya agak sulit didapat di pasaran. Di Carrefour, cream cheese ini tersedia di bagian pendingin, nyampur ama tempat butter atau jus. Resepnya cekidot ya..

STRAWBERRY CHEESE CAKE

Sumber : Mbak Ria Heliyanti
Bahan Alas :

125 gram cream crackers (merk Roma yg bungkus kuning itu)
1 sdm gula halus (jangan lupa diayak)
80 gr unsalted butter, lelehkan.

Cara membuatnya :

Siapkan loyang spring form (bongkar pasang) ukuran diameter 18 cm.
Letakkan loyang pada cake board yang berukuran lebih besar dari loyang.
Pasangkan plastik mika pada sisi bagian dalam,
ke 2 ujungnya disatukan dengan double tape.

Hancurkan cream crackers dengan food processor
sampai halus
(kalo gak ada pake ulegkan atau pake rolling pin –
tapi biskuitnya tetap dalam bungkus plastik ya).
Campur biskuit, gula halus & butter leleh, aduk rata.
Tuang ke dalam loyang, ratakan dan padatkan dengan sendok.
Masukkan kulkas selama 1 jam.

Bahan Cheese :

375 gram cream cheese
125 gram gula halus (ayak)
250 gram whipcream

3 sdm air jeruk nipis
1 sdm gelatin bubuk
50 cc air

Cara membuatnya :

Tim gelatin & air hingga larut, sisihkan.
Kocok cream cheese dan gula hingga lembut,
tambahkan air jeruk nipis, kocok hingga rata.
Kocok whipcream hingga kaku.
Tuang sebagian whipcream kocok ke dalam adonan creamcheese, aduk rata.
Tuang lagi sisanya, aduk rata.
Masukkan larutan gelatin, aduk hingga rata.
Tuang adonan ke dalam loyang, ratakan lalu
simpan di kulkas semalam.

Bahan garnish :

3 sdm strawberry jam
1 sdm air panas
strawberry segar secukupnya

Penyelesaian :

Campur selai dengan air panas, aduk rata dan biarkan dingin.
Tuang ke atas cheese cake, ratakan lalu
tambahkan strawberry segar.

Rasanya  segeerr, pas sekali disantap di hari yang panass.

Cheese Cake Topping Tutty Fruity

Cheese Cake yummy dan lembut untuk Eyang ibu, penggemar keju.

Dengan hiasan sederhana aneka buah dan selai blueberry tanpa buttercream atau whipcream, karena perjalanan cukup jauh yang harus ditempuh oleh cake ini untuk sampai ke tempat tujuan. Hmm kalo dipaksakan pake whipcream… so pasti lumerrr… cantiknya jadi hilang.

Ditambah pagar dari coklat strawberry dan lemon yang di cetak dan di susun mengelilingi cake, plus pita biar pagarnya gak rubuh.

Alhamdulillah… sampai di tempat tujuan masih cantik…

Happy Birthday Eyang Ibu..

Semoga selalu diberikan kesehatan, lebih bijaksana, dan selalu dalam lindungan Allah SWT, amiin.

Spaghetti Jatiwaringo Bhekaso Jhawa Barato

Title made by Mr. Fousto from Italiano…

PR yang diberikan anakku untuk bundanya, tiap liat iklan La Fousto La Fonte selalu nagih minta dibuatkan menu ini. Ocelah akhirnya dibuat juga. Tapi minus pasta tomat ya… bismillah semoga pada suka deh..

Taraaaa….

Begini nih bikinnya (kalo ada yang keliru, mohon diperbaiki ya..)

Saus Spaghetti :

  1. Tomat 3 buah di rebus, dan diparut
  2. Saus Tomat secukupnya
  3. Daging Cincang 250 gr
  4. Bawang Bombay 1 siung
  5. Bawang Putih 2 siung
  6. Garam & Gula secukupnya
  7. Lada secukupnya
  8. Oregano secukupnya

** Tumis bawang putih + bawang bombai hingga harum dan layu, masukkan daging cincang aduk rata, masak hingga matang (tambahkan air sedikit), masukkan parutan tomat dan saus tomat , aduk rata, masukkan lada, garam dan gula secukupnya, icip2, tambahkan bumbu yang masih terasa kurang (begini nih masak suka-suka, gak tau ukuran). masukkan oregano aduk rata. matikan kompor.

Sebelum kompor dimatikan, minta analisa rasa dari Adi dan Pak Aryo…. katanya lezat… (adi sambil kasih jempol buat bundanya).

Spaghetti :

  1. Beli di SPM spaghetti La Fonte
  2. Air di Panci
  3. Minyak 1 sdm

** Rebus air di panci, setelah mendidih, masukkan spaghetti dan minyak agar spaghetti tidak menumpuk satu sama lain. Matang, tiriskan.

Atur dalam piring saji, spaghetti yang sudah ditiriskan, beri toping sausnya, asesoris lain bisa ditambahkan parutan keju keju yang diparut di atas saus.

Untuk yang gak mau repot dengan pembuatan saus, sekarang ada saus spaghetti La Fonte yang sudah jadi, tinggal tuang, kalo suka ditambah daging cincang yang sudah ditumis. Semakin mudah ya..membuat sajian italiano ini.

Karena spaghetti ini versi bahan seadanya, jadi dibilangnya ini Spaghetti Jatiwaringin hihiiii…

Mr. Fousto from Italiano bikin nama Spaghetti Jatiwaringo Bhekaso Jhawa Barato rega ne piro

Dijawab ama si pembuatnya… satunggal ewu mas….  wkwkwkkkkk… yang ini jangan di ikutin ya… bisa rugi bandar hehehe..

Sarapan yook…

Mau coba sarapan gaya orang bule nih… kira-kira kuat gak ya ampe jam makan siang hehehee… dicoba aja dulu, sapa tau bisa bikin body jadi langsung langsing.

  1. Karbohidratnya : Potato
  2. Lemak : Keju
  3. Protein : Daging Kornet
  4. Tambahan : Seledri cincang

Kentang yang biasanya dibikin perkedel, dikukus en nyisain buat bikin sarapan ini. Trus ditengahnya dibolongin, keju melt yang dipotong-potong ditaruh di bolongan kentang, beri sedikit kornet (lebih yummy pake sosis atau smoked beef), panggang sebentar (ane pake obun tosuta: oven toaster), terlihat lelehan keju mengalir….

Cepeeeettt… ntar macet nih..

Walaaahh.. jadi gak sempet makan dirumah, si kentang dibawa ke kantor… dikantor makan sendirian pelit ya soalnya emang dateng paling pagi. Karena gak biasa dengan makanan londo, rasanya cepet kenyang tapi akhirnya abis juga donk.. sayang kalo musti disisain.

Ternyata eh ternyata sarapan ini gak bertahan lama… cacing diperut masih saja bernyanyi keroncong.. ssstttt akhirnya senjata pamungkas pengganjal perut  “Bubur Ayam depan Kantor” menyelamatkan si cacing yang ribut. Nah ini baru pas…

Namanya juga orang Indonesia… kalo belum ktemu nasi dan sodaranya artinya belum makan.

Blueberry Simple Cheese Cake

Valentine day…. apa sih… itu loh yang hari itu semuanya bicara tentang LOVE, dari acara tipi, siaran radio, koran, majalah, pokoknya semuuuuaaaa LOVE.

Maaf keluarga kita gak ngerayain hari itu… tapi terinspirasi juga buat bikin dekor cake dengan harum cinta cieee..

Sebenarnya ini dari resep Cheddar Cheese Cake (Aljo’s Mom), yang ditandakurung versi yang saya buat berdasarkan stok seadanya…

Bahan 1:
130ml susu cair (200 ml susu UHT)
40gram Butter (60 gr elle vire unsalted butter)
125gram Cheddar Cheese potong kecil (60gr cheddar diparut + 110 gr melt cheese dipotong2)

Bahan 2:
20gram tepung terigu (40 gr terigu kunci biru)
15gram tepung maizena (30 gr maizena)

Bahan 3:
3butir kuning telor (6 butir kuning telor)

Bahan 4:
3butir putih telor (6 butir putih telor)
100gram gula pasir (200 gr gula halus)

Saya pakai Loyang Bongpas (bongkar pasang) dan diselimuti alumunium foil supaya gak ada air yang rembes ke dalam adonan.

Cara Membuat:
1. Siapkan loyang bulat 18cm, alasi kertas roti dan poles dengan mentega (pakai diameter 20 cm)

2. Campur bahan 1, tim sampai menyatu (saya panaskan pakai api paling kecil, tidak ditim)

3. Masukkan bahan 2 – aduk rata


4. Masukkan bahan 3 – aduk rata


5. Kocok bahan D sampai softpeak, campur ke adonan Cheese, aduk rata
6. Tuang ke dalam loyang

7. Panggang dengan *Au Bain Marie selama lebih kurang 50 menit (aku pakai suhu 170dC) sampai kuning keemasan.

Dihias dengan blueberry palleta dan sprinkle. Untuk  polanya dibentuk pakai tusuk gigi sebagai pembatas… kayak pelajaran mewarnai… selainya di tuang tapi jangan keluar batas loh..

Selai blueberry ini dicairkan dulu ya.. biar terlihat bening, caranya panaskan dipanci selai blueberry + air, aduk rata hingga selai tidak gerinjilan.

Yuk kita potong….. hmmm… lembuut sekali… wangi kejunya terasa tetapi tidak terlalu nyegrak mungkin karena pengurangan kejunya. Kita lebih suka kalau cake ini disimpan dalam kulkas dulu sebelum disajikan.

*Au Bain Marie adalah :

  • Adonan kue dimasukkan ke dalam loyang. Kemudian loyang berisi adonan tersebut dimasukkan ke dalam loyang lain yang lebih besar dan berisi air panas. Kemudian dipanggang di dalam oven bersama-sama.
  • Tinggi dinding loyang yang berisi air tidak boleh lebih tinggi dari loyang yang di dalam (yang berisi adonan kue). Tinggi air tidak boleh lebih dari sepertiga tinggi loyang yang di dalam, karena jika terlalu tinggi, kue akan lama sekali matangnya.
  • Pastikan loyang bongkar pasang tidak bocor. Jika bocor (dan ini hal yang biasa), bungkus bagian luar loyang bongkar pasang dengan aluminium foil, seluruh bagian dasar hingga dinding loyang, untuk mencegah air perendam masuk ke cheesecake.
  • Loyang yang baik untuk wadah air ini adalah roasting pan, atau loyang tanpa sambungan, karena tidak akan bocor. Tapi jika anda menggunakan loyang dengan sambungan, seperti loyang lapis surabaya, dan ternyata loyang tersebut bocor, lapisi seluruh bagian dalam loyang dengan aluminum foil, baru dituangi air.
  • Jika air sudah habis sementara kue belum matang (waktu panggang belum selesai), tambahkan air dengan AIR PANAS. Jangan ditambah dengan air suhu biasa, karena suhu akan turun dan mempengaruhi jalannya pemanggangan.

Dengan teknik ini, adonan tidak terkena panas langsung dari api, sehingga menghasilkan tekstur kue yang halus dan sangat lembut. (NCC)

Potato Cheese Ball

Masih mengulas hantaran acara Beauty Class, satu lagi yaitu Potato Cheese Ball. Lihat resepnya dari majalah Sedap (edisinya lupa uy). Menul-menul tapi penuh perjuangan ngebentuknya, karena adonannya gak ktemu ama terigu sedikitpun, jadinya lengkeeeeet banget. Ngebentuknya jangan lupa pakai plastik (aku pake handgloves dari plastik yang sedikiit di kasih minyak). Rasanya…. yummyy..yummy..yummy… kejunya berasaaa bangeeettt.. so pasti perkedel ini (hihii.. abis kentang semua adonannya) berisi sebongkah keju dan serpihan keju (parutan maksudna).

Rekomendasi yang lain parutan atau bongkahan keju bisa memakai keju yang melty.

Resepnya silahkan di intip

Bahan kulit

  • 300 gr kentang kukus, haluskan
  • 2 sdm susu bubuk
  • 1 kuning telur
  • ½ sdt garam
  • ¼ sdt lada halus
  • ¼ sdt pala bubuk
  • 1 sdm unsalted butter

Tepung panir

Minyak untuk menggoreng

Isi

  • 100gr keju cheddar parut
  • Keju cube, 1 cube belah 2

Cara membuat :

  1. Aduk rata bahan kulit
  2. Ambil sedikit adonan. Pipihkan, isi dengan keju parut dan keju cube
  3. Bentuk bola (sebesar bola pingpong)
  4. Celupkan di putih telur kocok, gulingkan ke tepung panir
  5. Simpan di lemari es kurang lebih 2 jam.
  6. Siap untuk digoreng.

Hayoooo  ibu-ibu.. bapak-bapak… adek-adek… dicobain yah resepnya…