Step by Step Klappertaart

Klappy berikutnya nih.. sangking ketagihan yah bikin lagih aja..

Resepnya kan udah pada tau, sekarang kita belajar step by stepnya yah.

Pertama

Siapkan bahan-bahannya.. Gula, Margarin, Terigu, Custard, Maizena, Daging Kelapa Muda, Kenari Cincang, Kismis, Kuning Telor, Bubuk Kayu Manis, Susu. Bahan berikutnya yang terpisah Gula, Terigu, dan Putih Telor.

Kedua

Susu dibagi menjadi dua, 300 ml dan 700 ml.

Untuk yang 300ml dicampurkan dengan terigu, custard, dan maizena, aduk hingga tidak ada lagi gumpalan (gak gerindilan), karena gak sabar, adonannya disaring, trus diaduk rata.

Susu 700ml dan Gula didihkan

Ketiga

Setelah susu mendidih, masukkan larutan yang dibuat di cara kedua, aduk terus hingga rata sampai meletup-letup, matikan api kompor. Angkat

Keempat

Masukkan margarin, aduk rata. Selanjutnya Kenari, Bubuk Kayu Manis, aduk rata. Dilanjutkan dengan kuning telur satu persatu aduk rata. Terakhir Kelapa Muda aduk rata. Daging Kelapa Muda ini bisa juga ditata terpisah, maksudnya tuang adonan kedalam cetakan setengah saja, kemudian tata daging kelapa muda, tutup lagi dengan adonan yang sama.

Kelima

Tuang adonan ke dalam cup/loyang, panggang di oven setengah matang dengan cara au bain marie.

Keenam

Sambil menunggu adonan yang dipanggang, kocok putih telur dengan mixer sambil memasukkan gula, hingga putih telur kaku. Masukkan terigu aduk rata. Adonan putih telor ini dimasukkan kedalam plastik segitiga.

Ketujuh

Angkat adonan setengah matang, semprotkan adonan putih telur hingga permukaan adonan tertutup, tambahkan keju parut atau bubuk kayu manis, finishing touch dengan taburan kismis.

Kedelapan

Panggang kembali hingga permukaan atas kuning kecoklatan. Weits ada yang dah bolong…. hihiii sambil nunggu dingin, yang mbikin gak tahan godaan si klappy, langsung disendokin.. hihiii… hmm yummy…

Semoga dengan step by step ini jadi lebih jelas ya… Selamat Mencoba…

Klapertart Wilton (Klappertaart)

Alhamdulillah akhirnya bisa nyobain bikin kue asli Manado ini, maksudnya sih… alhamdulillah niaaaat banget bikinnya. Abisnya dari dulu pengen bikin gak jadi2 alesannya gak dapet klamud (klapa muda) soale pulang kantor dah gak ada yang jual (berpikiran yg jual es pasti siang hari). Ituuh alesan yang mengada-ngada, padahal ada penjual es klapa yang buka ampe jam 8 malem.

Nah paaassss banget ada acara di tempat mimi, niat pertama bikin amris ajah, tapi kayaknya musti sepasang nih, ada yang azin, ada juga yang maniz. Akhirnya liat2 resep dan kesem-sem ama resep dari Alm. Mbak Ruri (semoga amalanmu terus mengalir dgn resep2 yummy-mu mbak..).  Pulang kantor langsung ke rawamangun, toko paporit dikala terserang waktu dadakan. Selanjutnya cari klapa muda deh… yes dapet, minta yang dagingnya empuk dan lembut. Beresss… session nimbang2 dimulai..

Bahan :

1000 cc fresh milk (daku pakai susu UHT)
250 gram gula pasir
50 gram tepung terigu
50 gram tepung custard
50 gram maizena
150 gram mentega atau margarin
6 butir kuning telur
2 buah kelapa muda, kerok isinya saja
100 gram kenari panggang cincang (aku pake cuma 50gr dicincang trus di sangrai pake wajan teplon sebentar aja)
Kayu manis bubuk (secukupnya… krn aku gak begitu suka yang terlalu nyegrak baunya)
Topping :
6 butir putih telur
4 sdm gula pasir
2 sdm tepung terigu
Kismis direndam air hangat, peras dan ciprati rhum & kayu manis bubuk (Aku pakai kismis yg masih mengkeret, gak direndam,gak pake rhum, ga pake kayu manis pula).

Caranyah…

  1. Didihkan 800 cc fresh milk dan gula pasir (aku pakai 700 ml susu)
  2. Larutkan tepung terigu, custard dan maizena dengan 200 cc fresh milk (aku larutkan dgn 300 cc susu)
  3. Masukkan campuran susu dan tepung ke dalam susu panas, aduk terus sampai mengental dan meletup-letup
  4. Angkat dari api, masukkan mentega/margarin, aduk rata
  5. Masukkan kenari dan kayu manis bubuk
  6. Masukkan kuning telur satu persatu
  7. Masukkan daging kelapa muda, aduk rata
  8. Masukkan adonan ke dalam cup sampai ¾ tinggi
  9. Panggang dengan cara au bain marie (si marie ada disini paling bawah) selama 15 menit dengan suhu 160° sampai ½ matang

Sambil menunggu adonan di panggang siapkan adonan topping…

  1. kocok putih telur dengan mixer
  2. Masukkan gula sedikit sedikit sambil tetap mengocok sampai kaku
  3. Masukkan tepung terigu, aduk rata dengan spatula (aku pakai mixer kecepatan rendah)
  4. Masukkan dalam plastik segitiga dan gunting ujung plastiknya.

Setelah adonan setengah matang…

  1. Semprotkan toping keatas adonan ½ matang sampai cukup tinggi, taburi dengan kismis dan kayu manis bubuk
  2. Panggang lagi sampai toping berwarna kekuningan.

Jadi deh..

Kira-kira ribet gak bikinnya… hihiiii.. kalo niat mah gak ribet deh..

Menurut aku resep ini sedikit kemanisan, untuk menyiasatinya taburan topping diganti dengan keju parut, jadi lebih gurih, tapii kalo sukanya pake bubuk kayu manis, gulanya di kurangin aja sedikit.

Hasilnya uenaaakk… lembuuttt… Sensasi krenyes-krenyes kenari dan gigitan klapa mudanya berasaaa… Oiya lebih enak dimasukkan dulu ke dalam kulkas sebelum disantap ya…

Aku aja ketagihan pingin lagiiii….