Zuppa Soup lagii..

Anak lanang merengek minta Zuppa Soup nih, udah lama katanya gak makan soup ini. Emaknya ngeles tunggu ada kondangan aja ya mas hehehhe…

Ya wis pas belanja ke Tbk. Titan beli lah Puff Pastry instan. Puff pastry ini kalo di Tbk, banyak varian mereknya, ada jg yang gak bermerk dan sudah dipotong-potong. Kali ini saya ambil merk Stella. Oiyaa.. di Carefour juga ada kok merk Edo, carinya di daerah frozen gitu ya… biasanya bareng nugget, siomay, pao, dkk. Sekalian beli juga alumunium foilnya untuk tempat dan sajian Zuppa Soup. Pakai gelas mug juga bisa kok, yg dari bahan keramik ya bukan kaca loh, keramik tahan panas saat di oven.

Resep soupnya saya nyontek dari Bunda Ricke Ordinary Kitchen, bahannya disesuaikan dengan yang ada di kulkas.

Bahan:
Kulit puff pastry siap pakai, potong-potong sesuai ukuran mangkuk yang dipakai

250 gram fillet ayam, potong dadu kecil-kecil
2 buah wortel, potong dadu kecil-kecil
1 buah jagung di pipil atau pakai pisau dipotong jangung kuningnya saja, bonggol buang.
2 siung bawang putih, geprek dan cincang halus
1 buah bawang bombay ukuran sedang, cincang kasar
1 liter air
125 ml susu evaporated
1 1/2 sdt garam
1 sdt kaldu ayam bubuk
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir
3 sdm margarin
5 sdm terigu

Kuning telur, kocok lepas untuk bahan olesan
untuk taburan saya pakai seledri cincang

Cara membuat:
1. Panaskan margarin, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum dan layu. Kecilkan api. Masukkan terigu, aduk rata hingga terigu bercampur dengan tumisan. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk hingga air habis.
2. Masukkan ayam, wortel dan jagung, masak hingga mendidih dan mengental dengan api sedang.  Beri garam, kaldu ayam bubuk, merica bubuk dan gula pasir. Masak sebentar hingga wortel empuk matang.
3.Masukkan susu evaporated. Masak sambil diaduk-aduk agar susu tidak pecah hingga mendidih pertama kali. Matikan api. Cicipi dan sesuaikan dengan selera.
4. Panaskan oven 200’C. Siapkan mangkuk keramik tahan panas, tuang sup ke dalam mangkuk (jangan terlalu penuh). Tutup dengan kulit puff pastry. Oles kuning telur, taburi oregano. Panggang dalam oven hingga puff pastry mengembang, kecoklatan dan renyah. Angkat. Sajikan.

Mudahkan…

Ada tips juga dari bunda ricke :

– Jangan mengisi mangkuk terlalu penuh karena ketika dipanggang sup akan mendidih. Klo terlalu penuh nanti meluap keluar atau menyebabkan kulit pastry basah.
– Jika menginginkan zuppa puff pastry yang menggelembung tinggi (high dome), masukkan sup ke dalam mangkuk dalam keadaan panas/hangat. Ketika sup dipanngang akan cepat menghasilkan uap panas dan menekan kulit puff pastry sebelum sempat mengembang berlapis-lapis, hingga menghasilkan zuppa yang menggelembung membulat ke atas.
– Jika menginginkan zuppa yang mengembang berlapis-lapis dan tebal, masukkan sup ke dalam mangkuk dalam keadaan dingin. Saat dioven, kulit puff pastry akan mempunyai cukup waktu untuk mengembang lapisan-lapisannya sebelum sup mendidih.

Terserah mau ikut tips yang mana yang penting enaak…

zuppa-soup

Lihatlah anak-anak ini kalo sudah ketemu Zuppa Soup… makannya kayak perlombaan ajah… hadeuuuhh…

adi-afiqah-zuppa

Selamat mencoba…. jangan nunggu ada kondangan ya untuk menikmati soup ini hehehe ūüôā

Advertisements

Sate Jamur Tiram

Assalamu alaikum wr wb.

I’m Baacckk…

Lama sekali tidak menyentuh blog ini. Yuk ah sharing lagi.

Suatu waktu kita (anak2 dan saya) diajak ayah makan di Rawon Dengkul letaknya di sekitar Jl. TB. Simatupang. Ayah biasa makan disini pas ada jadwal visit ke customernya. Nah disana kita makan rawon dengkul, soto dan sate jamur. Hmm.. kayak gimana sih sate jamur, makannya ragu-ragu takut gak enak malah jadi mubazir gak ke makan. “Enak kok , enak banget…cobain laah.. nanti kalo gak suka ayah yang abisin “. Hmm.. soalnya dalam kamus ayah, makanan itu cuma ada Enak dan Enak Sekali. Okelah kita cobaa…

Woooww… gak berasa kayak makan jamuur loh.. berasa makan sate ayam… kenyel-kenyel gitu. Harga satu porsinya 20ribuan, isinya ga ada 10 tusuk. Perasaan jamur tiram gak mahal-mahal banget kayak daging deh. Kalo bikin sendiri pasti lebih ekonomis nih…

Semangaaat cari resepnya segeraaa… mbaaahh googlee… klik

Yes dapet nih dari http://amalkitchen.blogspot.com

Bahan:
– 250 gram jamur tiram segar
Bumbu halus
– 4 siung bawang merah
– 2 siung bawang putih
– 1 sdt ketumbar, sangrai.
– 2 sdm gula jawa, sisir.
– 1-2 sdm kecap ikan
Bahan olesan
– 2 sdm sambal kacang
– 1 sdm kecap manis
– 5 sdm air matang
Sambal kacang
– 250 gram kacang tanah, sangrai/goreng
– 5 siung bawang putih, kupas, goreng
– 5 cabai rawit (bisa ditambah/dikurangi sesuai selera), goreng
– 5 mata asam jawa
– 5 sdm gula jawa
– 1/2 sdt terasi, goreng
– 1/2 sdt garam
Cara membuat sambal kacang :

Haluskan bawang putih, cabai, asam jawa, gula jawa, terasi dengan menggunakan cobek, sisihkan. Haluskan kacang tanah goreng dengan food processor atau blender, bisa juga dengan menggunakan cobek (saya pakai blender kecil). Campurkan kacang tanah yang sudah halus dengan bumbu halus, aduk rata. Masukkan ke dalam plastik/wadah kedap udara, tutup rapat. Simpan di dalam kulkas, bisa bertahan 2-3 bulan. Larutkan dengan air bila akan digunakan.

Cara Membuat Sate Jamur Tiram
– Cuci bersih jamur tiram yang akan digunakan, kukus selama 1 – 2 menit. Keluarkan dari kukusan. Tiriskan. Bila sudah dingin, peras airnya dengan cara menekan jamur diantara kedua telapak tangan. Lakukan dengan hati-hati agar jamur tidak rusak.
– Suwir-suwir jamur (jangan terlalu kecil agar mudah ditusuk dengan tusukan sate). Campur jamur dengan bumbu halus, diamkan 15-30 menit. Tusuk dengan menggunakan tusukan sate.
– Panggang dengan menggunakan wajan anti lengket atau bakar langsung di atas api . Bakar sampe jamur terlihat mengering dan warnanya berubah kecoklatan.
– Oles dengan bahan pengoles. Bakar lagi hingga bahan pengoles meresap. Angkat. Sajikan dengan sambal kacang

Ini dia hasilnya. Eyang sampe takjub kok gak kerasa kayak jamur ya… xixixii…

P_20150208_080824Ribet sih emang bikinnya. Gak kayak sate ayam, potong2 ayam mentah langsung dibakar, bumbuin, jadi deh. Tapi kita bagi tugas untuk bikin sate ini. Kukus, marinate jamur dan tusuk-tusuk tugas bunda, eyang bikin sambel kacang, Bakar-bakaran tugas ayah , kipas-kipas tugas mas adi dan yang jadi mandor adek Afiqah.

Alhamdulillah nikmatnyaa… Ini hanya bisa dilakukan saat Weekend. Bahagia itu sederhana. Luv it.

Iga Bakar Betawi

Menu weekend nih, skali-kali pilih yang beda lah…

Alhamdulillah akhirnya iga sapi pemberian teman kantor dijamah juga hehehe… kasian tiap hari dia beku kedinginan di freezer. Saatnya cari resep yang beda hehehe masalahnya kalo ktemu iga paling-paling dibikin sop, boseeeen kalee.

Langsung cari resep… coba-coba yang dibakar asyik kayaknya nih. Kebayang bakar-bakarannya yang seru. Keluarin dulu si iga nih… Walaaah iganya masih panjang-panjang. Siap merayu pak Aryo untuk pinjem golok ke tetangga hehehe secara golok bukan alat yang termasuk dalam important tools for young family huahahha…

Alhamdulillah pak Aryo datang membuahkan hasil, tapi nyeee… ternyata itu golok tumpul alias gak tajem. Tetep maksa motong si iga, malah gak karuan, daging tercacah, tulang tak kunjung patah, bahkan retakpun tak nampah (hehehe maksa kayak bahasa pantun deh, maksudnya “tak nampak”)

Walopun hasilnya tak sesuai bayangan, tulang yang berhasil dipotong dgn ukuran kicil-kicil dipisahkan untuk sop, yang guede-guede disiapkan untuk iga bakar. Dapat resepnya dari detikfood judulnya Iga Bakar Betawi. Begini nih resepnya hasil copy dari detikfood :mrgreen:

 

Bahan:
1 kg iga sapi berdaging, potong 15-20 cm
1,5 liter air
2 lembar daun salam
Haluskan:
5 siung bawang putih
2 sdt garam
Olesan:
150 ml Kecap
1 sdm bawang putih goreng, haluskan
1 sdm air jeruk nipis
¬Ĺ sdt merica bubuk
Pelengkap:
Acara kol dan wortel
Sambal rawit

Cara membuat:

  • Rebus iga bersama daun salam, dan bumbu halus hingga daging iga empuk.
  • Angkat, tiriskan daging iga.
  • Olesi iga dengan bumbu Olesan hingga rata.
  • Bakar di atas iga sambil olesi bahan Olesan hingga agak kering dan kecokelatan.
  • Angkat, sajikan hangat dengan Pelengkapnya.

Tau gak setelah usaha potong2an sedikit berhasil, sekarang pak Aryo ditantang untuk menaklukkan arang. Emang sih cuaca mendung, tapi apa ngaruh ama moodnya si arang ya…?

Bumbu udah siap, iga rebus dah siap, tinggal bakarannya nih… Tunggu dan menunggu… Usaha terus berusaha…wah..wah.. perut mulai gak sabar, izin pak Aryo dulu kalo perut istrinya ga tahan, mo bakar dikompor aja deh. Okelah biar cepet makan siangnya yah… pak Aryo nyerah tapi tetep berusaha menaklukkan arang hihihi penasaran dot com.

Alhamdulillah… akhirnya ngerasain juga kayak yang diresto-resto namanya Ribs… maknyuuss banget.. boleh dicoba nih…

Penampakannya sih gak sebagus iganya detikfood hehehe… tapi rasanya dijamin sama.

Please try this at home hheheheehe :mrgreen:

Udang Saos Tomat

Sharing masakan aaah…

Beli udang, tapi kok kayaknya bosen aja di bikin tempura terus. Cobain deh yang ini super guampang hehhee…

Bahannya :

  • Udang 1/2 kg ato kira2 aja ya… :mrgreen: , dibuang kepalanya, belah punggungnya yg dalam ya..
  • Saos tomat 5-6 sdm
  • Bawang Putih 3 siung, dicincang
  • Bawang Bombay 1 buah, cincang/iris tipis terserah hehehe
  • Gula, garam, merica
  • Margarin 3 sdm
  • Minyak 2 sdm

Caranya :

  1. Goreng cepat udang bersih dengan margarin dan api besar, hingga udang berubah warna, angkat sisihkan
  2. Tambahkan minyak goreng di margarin sisa goreng udang
  3. Tumis bawang putih hingga kuning dan haruuum
  4. Masukkan bawang bombay, tumis hingga layu.
  5. Masukkan saos, gula, garam, merica dan udang, masak cepat. tambahin air sedikiiiiiit biar gak keasinan hehehe..
  6. Angkat dan Sajikan

Adi bilang ini udang paling tooooop. Lebih enak dari yang krenyes-krenyes biasa itu. huhuhuu minta nambah terus nih makannya. Oiya kulit udangnya gak dibuang biar daging udangnya tetep lembut gak keras karena proses penggorengan.

Dicobain ya…

Bitterballen Macaroni Sausage (Bola Makaroni Sosis)

Resep ini dicoba untuk sangu jalan-jalan ke Taman Mini, acara Family Gatheringnya DNPI. Aslinya gak pakai sosis. Sebelumnya pak Aryo cerita kalo temennya punya anak yang susah banget makan. Anak ini hanya suka sosis, kira2 kreasi apa ya.. yang pake sosis, biar sosisnya gak cuma digoreng aja.

Akhirnya, karena emang udah pingin banget nyobain resep ini, soale mudah dan kebetulan bahannya ada, sosis jadi pemanis sekaligus penambah selera makan anak2.

Kali ini adi yang masak..

Ini resepnya.. maaf saya lupa sumbernya darimana.. btw terima kasih ya untuk para sumber.

Bahan

2 sdm margarin

3 sdm tepung terigu

250 susu cair

1 sdm seledri cincang (saya ganti oregano)

3 lbr daging asap, potong bentuk dadu (saya pakai daging giling)

150 gr makaroni, rebus, tiriskan

sosis sapi potong 3, belah bagian atasnya jgn sampai putus.

75 gr keju cheddar potong dadu (saya pakai keju melt potong kotak kecil)

garam, merica, pala, & 1 sdt gula pasir

Bahan Pencelup

3 btr telur ayam, kocok lepas (saya pakai putih telur aja… masih banyak stok puttel sisa bikin bolgul)

150 gr tepung panir kasar (Pangko)

Minyak goreng

Cara Membuat

1. Panaskan margarin, tambahkan tepung terigu, aduk sampai berbutir.

2. Tuang susu cair sedikit-sedikit sambil diaduk sampai licin, tambahkan oregano, dan bumbu-bumbu, aduk sampai rata.

3. Masukkan makaroni, aduk sampai bergumpal. Ambil sedikit adonan, pipihkan, isi dengan keju dan sosis, bentuk bulat adonannya, biarkan sosis mumbul keluar, jadinya seperti pentungan.

4. Gulingkan dalam teoung pangko, celup ke telur, gulingkan kembali di tepung pangko.

5. Goreng dalam minyak panas hingga matang

 

Oiya sebelum di bentuk pun, adonan sudah matang ya… jadi bisa langsung dinikmati, rasanya seperti makaroni schottel.

Bentuknya sebelum digoreng..

Hasil setelah digoreng…

Saat di acara family gathering, anak yang suka makan sosis itu, keliatannya gak tertarik. Huaaaa ūüė• saya ndak lulus menarik hatinya. Kasihan juga ibunya, kalo saya punya anak seperti itu mungkin juga pusing tujuh keliling stadion halaahh..

Alhamdulillahirobbil alamin… puji syukur padamu ya Allah.. anak saya gak¬† susah disuruh makan, dia minta sendiri saat lapar. Suami saya gak pernah komplain saat disediakan makanan, walopun makanan terasa kurang rasanya, tetap dilahapnya disertai saran yang sangat membangun dan terus memotivasi untuk menciptakan kreasi2 yummy. Tenkyuu Allah.

Girls dicoba ya resepnya..

Zuppa Soup

Zuppa soup ini dibuat karena gak kesampean ke kondangan, gak tanggung-tanggung ada undangan pernikahan teman kantor di dua tempat, pada waktu yang bersamaan, malam hari,¬†dan eng ing eng saat itu hari hujan. Kalo di kondangan makanan yang pertama di incer pasti kelompok pergubug-an, yang buffet mah dah biasa lah.. pasti nasi ama lauk-pauknya… gyaa gaya bangeeett emangnye sama ama menu dirumah.. ūüôĄ

Pokoknya inceran pertama pak Aryo itu kambing guling, yang pasti ini kambing dalam kurang dari 30 menit pasti udah raib dan ngauntrinya paling panjang, coba deh perhatiin ya kalo kondangan (hehehe.. yg kondangannya punya menu binggul yee). Nah yang keduanya Zuppa Soup nih, anget-anget slrruuup dari cream soupnya dan kres lembut dari pastry-nya, hmm…yummy..

Sekarang kita coba ya…

Pertama buat soupnya dulu, pakai resep sup krim ayam jamurnya bu Fatmah.

Bahan:
100gr    jamur kaleng, cincang
150 gr   ayam rebus, potong dadu
50 gr     bawang bombay, cincang
1,5 lt     kaldu ayam
250 ml   susu evaporated
50 gr     tepung terigu
100 gr    mentega
¬Ĺ sdt¬†¬† ¬† lada bubuk
2 sdt      garam
1 sdt      chicken powder

Cara membuatnya:

  1. Lelehkan mentega, tumis bawang Bombay hingga layu, masukkan tepung terigu tumis terus hingga tepung matang segera tuangi susu dan kaldu sedikit demi sedikit  sambil diaduk rata hingga kaldu dan susu habis. Biarkan mendidih.
  2. Masukkan garam, lada bubuk dan chicken powder, aduk rata, lalu masukkan ayam dan jamur. Aduk dan biarkan sampai mendidih. Angkat.
  3. Lebih lezat bila disajikan hangat.

Sup ini di tuang ke dalam alumunium foil, hehehe maklum gak punya mangkok keramik ala zuppa soup, trus di atas mangkuk alu foil di letakkan adonan pastry. Gimana bikin adonan pastry-nya… hehee.. lagi males en gak mau ribet, si adonan pastry ini beli aja di toko bahan kue, udah langsung pake, ndak perlu ngaduk adonan lagi hihihii.

Oiya adonan pastry ini ada yang udah bentuk lembaran, ada yang masih bentuk adonan, jadi perlu di giling lagi. So pasti daku pilih yang lembaran, tinggal potong sesuai ukuran, letakkan di atas mangkuk, panggang hingga kuning dan lembaran pastry-nya terlihat.

Adonan pastry ini kan harus disimpan dalam freezer, jadi sebelum dipakai dibiarkan dulu sampe nggak keras lagi. Karena dah pada ribut nungguin si zuppa ini, akhirnya¬†adonan pastry masih dingin¬†langsung pasang di mangkuknya, hasilnya jadi kurang memuaskan, tapi teteup rasanya yummy…

Sangking ga sabarnya, ndak punya foto cantik si zuppa… Adanya foto zuppa yang sudah diterkam Adi en Ayah

Jamur Portabela Goreng Tepung

Jalan-jalan nang kerfur, cari-cari bahan makanan yang beda ampe bingung mo bikin apa. Jeng jreeeng.. liat ada jamur gede-gede, inget dulu panganan yang pernah dibuat mbak Iki Putri untuk Pak De tercinta. Namanya so keren sekali, Portabella. Satu kantong isi tiga, harganya 10,000-an. Langsung masuk troli en bayar deh.

Penampakannya seperti ini nih..

Selanjutnya jamur ini dipotong sesuai selera dan di balut tepung bumbu. Yang mau praktis, pakai tepung bumbu sachet, kalo mau bikin sendiri juga bisa, tepung terigu/tepung beras + garam + merica + air sedikit, aduk rata.

Jangan lupa dibalut lagi dengan kocokan telur, soale kalo gak dibalut, tepungnya mrotol-mrotol pas di goreng. Nah siap jadi temannya si nasi atau untuk di gado juga buleh.

Spaghetti Jatiwaringo Bhekaso Jhawa Barato

Title made by Mr. Fousto from Italiano…

PR yang diberikan anakku untuk bundanya, tiap liat iklan La Fousto La Fonte selalu nagih minta dibuatkan menu ini. Ocelah akhirnya dibuat juga. Tapi minus pasta tomat ya… bismillah semoga pada suka deh..

Taraaaa….

Begini nih bikinnya (kalo ada yang keliru, mohon diperbaiki ya..)

Saus Spaghetti :

  1. Tomat 3 buah di rebus, dan diparut
  2. Saus Tomat secukupnya
  3. Daging Cincang 250 gr
  4. Bawang Bombay 1 siung
  5. Bawang Putih 2 siung
  6. Garam & Gula secukupnya
  7. Lada secukupnya
  8. Oregano secukupnya

** Tumis bawang putih + bawang bombai hingga harum dan layu, masukkan daging cincang aduk rata, masak hingga matang (tambahkan air sedikit), masukkan parutan tomat dan saus tomat , aduk rata, masukkan lada, garam dan gula secukupnya, icip2, tambahkan bumbu yang masih terasa kurang (begini nih masak suka-suka, gak tau ukuran). masukkan oregano aduk rata. matikan kompor.

Sebelum kompor dimatikan, minta analisa rasa dari Adi dan Pak Aryo…. katanya lezat… (adi sambil kasih jempol buat bundanya).

Spaghetti :

  1. Beli di SPM spaghetti La Fonte
  2. Air di Panci
  3. Minyak 1 sdm

** Rebus air di panci, setelah mendidih, masukkan spaghetti dan minyak agar spaghetti tidak menumpuk satu sama lain. Matang, tiriskan.

Atur dalam piring saji, spaghetti yang sudah ditiriskan, beri toping sausnya, asesoris lain bisa ditambahkan parutan keju keju yang diparut di atas saus.

Untuk yang gak mau repot dengan pembuatan saus, sekarang ada saus spaghetti La Fonte yang sudah jadi, tinggal tuang, kalo suka ditambah daging cincang yang sudah ditumis. Semakin mudah ya..membuat sajian italiano ini.

Karena spaghetti ini versi bahan seadanya, jadi dibilangnya ini Spaghetti Jatiwaringin hihiiii…

Mr. Fousto from Italiano bikin nama Spaghetti Jatiwaringo Bhekaso Jhawa Barato rega ne piro

Dijawab ama si pembuatnya… satunggal ewu mas….¬† wkwkwkkkkk… yang ini jangan di ikutin ya… bisa rugi bandar hehehe..

Ayam Rica-rica

Tenkyuuuu to Pak de Cholik untuk tali asihnya…

Tali Asih from Pak de Cholik

Isi buku resep ini adalah masakan-masakan sehari-hari yang bisa di intip kalo lagi bingung mau masak apa… Nah salah satu yang¬† dicoba.. Ayam Rica-rica..¬† Sebelumnya pernah coba ayam ini di restoran Manado, tapi daging ayam di suwir-suwir. Setelah lihat resep ayam dibuku ini, yang bikin tertarik itu, karena ayamnya di bakar/dipanggang. Wanginya ayam bakar hmmm… kebayang deh …¬† bikin perut nyanyi keroncong..

Resepnya juga mudah loh…

Untuk ibu-ibu yang punya anak-anak, cabenya bisa dikurangi. Percobaan pertama, aku gak pake jahe(kehabisan)… enak juga… menurut asistenku kalo pake jahe akan terasa lebih pedas.

Percobaan kedua, ayam dipanggang di otang kesayangan (Otang = oven tangkring, nangkring di kompor) dan pake jahe. Sarankyu lebih baik ayam di bakar, wanginya lebih berasa dibandingkan di panggang di oven. Tapi tampilannya memang lebih baik di panggang… eits kan yang penting yummy-nya daripada tampilan kan.. hehehe..

Eh iya ini resepnya di foto ajah…

Resepnya..

Dan ini hasil percobaan kedua…

Dimakan bareng sodara-sodara dan sisanya dibungkus juga untuk oleh-oleh… pokoknya Lariss Maniss..

Ayam Caca Marica

Yah sayang… yang ngasih tali asih gak bisa nyobain…

To : Pak De Cholik.. biar bu de aja yang bikinin ya.. pasti lebih nikmeh.. kan dibuat dengan cinte.. hehehe..

Udang Bakar Madu

Dari satu minggu yang lalu naksir ama Udang Bakar Madunya mbak Dewi di http://ladiosa-kitchen.blogspot.com. Tadinya mau bikin dan makan bareng2 di acara Adi, yah.. ternyata makanan masih banyak.. kalo nambah menu satu lagi malahan mubazir.. Pesan Mamah… “nanti gak kemakan loh..”, iya sih takutnya makanan yang sudah tersaji malahan kalah saing ama udang mengkilap ini.

Resepnya guampang banget deh.. cuma campur-campur saos plus tumis-tumis bumbunya, rendam, bakar deh… ini detailnya ya..

  • 500 gram udang ukuran sedang, kepala dan tulang dibadannya boleh dibuang, biar anak2 gak repot makannya, eits jangan lupa punggungnya dibelah juga.
  • Bawang putih 2 siung cincang halus
  • Jahe cincang 1 sdt
  • Minyak secukupnya untuk menumis
  • Tusuk sate

Saus :

  • 3 sdm saus tomat
  • 3 sdm saus tiram
  • 1 sdm kecap manis
  • 2 sdm madu
  • 1 sdm saus sambel, kalo mau pedas tambahkan lagi
  • garam sedikiiit aja.

Caranya :

  • Campurkan semua bahan saus dalam mangkok besar
  • Tumis bawang dan jahe
  • Masukkan tumisan kedalam campuran saus
  • Rendam udang dalam saus selama 30 menit atau lebih
  • Tusukkan udang dengan tusukan sate
  • Bakar dengan menggunakan BBQ Grill (pake alat bakar sate juga bisa… ) sampai udang matang.
  • Sesekali oleskan lagi saus ke udang yang sedang dibakar.

Wedewww.. yummy kan..

Shrimp BBQ