Zuppa Soup lagii..

Anak lanang merengek minta Zuppa Soup nih, udah lama katanya gak makan soup ini. Emaknya ngeles tunggu ada kondangan aja ya mas hehehhe…

Ya wis pas belanja ke Tbk. Titan beli lah Puff Pastry instan. Puff pastry ini kalo di Tbk, banyak varian mereknya, ada jg yang gak bermerk dan sudah dipotong-potong. Kali ini saya ambil merk Stella. Oiyaa.. di Carefour juga ada kok merk Edo, carinya di daerah frozen gitu ya… biasanya bareng nugget, siomay, pao, dkk. Sekalian beli juga alumunium foilnya untuk tempat dan sajian Zuppa Soup. Pakai gelas mug juga bisa kok, yg dari bahan keramik ya bukan kaca loh, keramik tahan panas saat di oven.

Resep soupnya saya nyontek dari Bunda Ricke Ordinary Kitchen, bahannya disesuaikan dengan yang ada di kulkas.

Bahan:
Kulit puff pastry siap pakai, potong-potong sesuai ukuran mangkuk yang dipakai

250 gram fillet ayam, potong dadu kecil-kecil
2 buah wortel, potong dadu kecil-kecil
1 buah jagung di pipil atau pakai pisau dipotong jangung kuningnya saja, bonggol buang.
2 siung bawang putih, geprek dan cincang halus
1 buah bawang bombay ukuran sedang, cincang kasar
1 liter air
125 ml susu evaporated
1 1/2 sdt garam
1 sdt kaldu ayam bubuk
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir
3 sdm margarin
5 sdm terigu

Kuning telur, kocok lepas untuk bahan olesan
untuk taburan saya pakai seledri cincang

Cara membuat:
1. Panaskan margarin, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum dan layu. Kecilkan api. Masukkan terigu, aduk rata hingga terigu bercampur dengan tumisan. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk hingga air habis.
2. Masukkan ayam, wortel dan jagung, masak hingga mendidih dan mengental dengan api sedang.  Beri garam, kaldu ayam bubuk, merica bubuk dan gula pasir. Masak sebentar hingga wortel empuk matang.
3.Masukkan susu evaporated. Masak sambil diaduk-aduk agar susu tidak pecah hingga mendidih pertama kali. Matikan api. Cicipi dan sesuaikan dengan selera.
4. Panaskan oven 200’C. Siapkan mangkuk keramik tahan panas, tuang sup ke dalam mangkuk (jangan terlalu penuh). Tutup dengan kulit puff pastry. Oles kuning telur, taburi oregano. Panggang dalam oven hingga puff pastry mengembang, kecoklatan dan renyah. Angkat. Sajikan.

Mudahkan…

Ada tips juga dari bunda ricke :

– Jangan mengisi mangkuk terlalu penuh karena ketika dipanggang sup akan mendidih. Klo terlalu penuh nanti meluap keluar atau menyebabkan kulit pastry basah.
– Jika menginginkan zuppa puff pastry yang menggelembung tinggi (high dome), masukkan sup ke dalam mangkuk dalam keadaan panas/hangat. Ketika sup dipanngang akan cepat menghasilkan uap panas dan menekan kulit puff pastry sebelum sempat mengembang berlapis-lapis, hingga menghasilkan zuppa yang menggelembung membulat ke atas.
– Jika menginginkan zuppa yang mengembang berlapis-lapis dan tebal, masukkan sup ke dalam mangkuk dalam keadaan dingin. Saat dioven, kulit puff pastry akan mempunyai cukup waktu untuk mengembang lapisan-lapisannya sebelum sup mendidih.

Terserah mau ikut tips yang mana yang penting enaak…

zuppa-soup

Lihatlah anak-anak ini kalo sudah ketemu Zuppa Soup… makannya kayak perlombaan ajah… hadeuuuhh…

adi-afiqah-zuppa

Selamat mencoba…. jangan nunggu ada kondangan ya untuk menikmati soup ini hehehe ūüôā

Advertisements

Zuppa Soup

Zuppa soup ini dibuat karena gak kesampean ke kondangan, gak tanggung-tanggung ada undangan pernikahan teman kantor di dua tempat, pada waktu yang bersamaan, malam hari,¬†dan eng ing eng saat itu hari hujan. Kalo di kondangan makanan yang pertama di incer pasti kelompok pergubug-an, yang buffet mah dah biasa lah.. pasti nasi ama lauk-pauknya… gyaa gaya bangeeett emangnye sama ama menu dirumah.. ūüôĄ

Pokoknya inceran pertama pak Aryo itu kambing guling, yang pasti ini kambing dalam kurang dari 30 menit pasti udah raib dan ngauntrinya paling panjang, coba deh perhatiin ya kalo kondangan (hehehe.. yg kondangannya punya menu binggul yee). Nah yang keduanya Zuppa Soup nih, anget-anget slrruuup dari cream soupnya dan kres lembut dari pastry-nya, hmm…yummy..

Sekarang kita coba ya…

Pertama buat soupnya dulu, pakai resep sup krim ayam jamurnya bu Fatmah.

Bahan:
100gr    jamur kaleng, cincang
150 gr   ayam rebus, potong dadu
50 gr     bawang bombay, cincang
1,5 lt     kaldu ayam
250 ml   susu evaporated
50 gr     tepung terigu
100 gr    mentega
¬Ĺ sdt¬†¬† ¬† lada bubuk
2 sdt      garam
1 sdt      chicken powder

Cara membuatnya:

  1. Lelehkan mentega, tumis bawang Bombay hingga layu, masukkan tepung terigu tumis terus hingga tepung matang segera tuangi susu dan kaldu sedikit demi sedikit  sambil diaduk rata hingga kaldu dan susu habis. Biarkan mendidih.
  2. Masukkan garam, lada bubuk dan chicken powder, aduk rata, lalu masukkan ayam dan jamur. Aduk dan biarkan sampai mendidih. Angkat.
  3. Lebih lezat bila disajikan hangat.

Sup ini di tuang ke dalam alumunium foil, hehehe maklum gak punya mangkok keramik ala zuppa soup, trus di atas mangkuk alu foil di letakkan adonan pastry. Gimana bikin adonan pastry-nya… hehee.. lagi males en gak mau ribet, si adonan pastry ini beli aja di toko bahan kue, udah langsung pake, ndak perlu ngaduk adonan lagi hihihii.

Oiya adonan pastry ini ada yang udah bentuk lembaran, ada yang masih bentuk adonan, jadi perlu di giling lagi. So pasti daku pilih yang lembaran, tinggal potong sesuai ukuran, letakkan di atas mangkuk, panggang hingga kuning dan lembaran pastry-nya terlihat.

Adonan pastry ini kan harus disimpan dalam freezer, jadi sebelum dipakai dibiarkan dulu sampe nggak keras lagi. Karena dah pada ribut nungguin si zuppa ini, akhirnya¬†adonan pastry masih dingin¬†langsung pasang di mangkuknya, hasilnya jadi kurang memuaskan, tapi teteup rasanya yummy…

Sangking ga sabarnya, ndak punya foto cantik si zuppa… Adanya foto zuppa yang sudah diterkam Adi en Ayah