Step by step Sponge Cake

Step by Step pembuatan Sponge Cake beserta resepnya ini ku persembahkan untuk Ibu Guru di Bandung Selatan, Kaka ku Fun-ky Fun-ty mimi Allz dan blogger Indonesia…. cie pembukaannya… beda uy..

Resepnya dari Bapak Sahak Pribadi

Sponge Cake Coklat

Bahan: A:

Telur 6 butir

Gula Pasir 100 gr

Emulsifier 15 gr (SP/TBM)

Bahan B:

Tepung terigu 80 gr

maizena 30 gr

coklat bubuk 30 gr

Pasta coklat 1 sdm

Bahan C:

Butter 100 gr cairkan

step by step sponge cake

1. Ini bahan-bahannya ya…

2. Rekomendasi dari resepnya… pakai loyang ukuran 22 cm. Loyang di gambar diatas adalah loyang diameter 26 cm dan pakai 1,5 x resep ini. Loyang dialasi kertas roti ya… dan tidak perlu dioles margarine lagi.

3. Panaskan oven. Masukkan telur + gula + emulsifier (Bahan A) ke dalam wadah

4. Kocok dengan kecepatan tinggi

5. Sampai kental dan berjejak. Kalo diangkat kocokannya, bentuk pucuk adonannya seperti jambul.  Jika adonan sudah kental maka Sponge Cake bisa dipastikan akan sukses.

6. Masukkan  terigu+maizena+coklat bubuk (Bahan B) , bila teknik aduk balik tidak sukses, kocok dengan mixer dengan kecepatan rendah.

7. Terakhir masukkan butter / margarine yang sudah di cairkan (Bahan C), aduk rata. Pastikan cairan butter/ margarine teraduk rata dan tidak ada yg tertinggal di wadah adonan paling dasar. Dan tuang ke loyang yang sudah di alasi kertas roti.

8. Masukkan ke dalam oven

9. Tes tusuk dilakukan dalam oven utk memastikan kue sudah matang. Di gambar kebanyakan nusuk.. soalnya ada koki cilik yang ikutan nusukin setelah kuenya matang.

## Tambahan ya…

Sponge Cake ini bisa diubah, jika menginginkan cake vanila, ganti coklat bubuk dengan susu bubuk dan pasta coklat dengan vanila extract.

Jika kurang jelas silahkan bubuhkan ketikan pertanyaan di kolom Comment ya…

Semoga bermanfaat….

36 thoughts on “Step by step Sponge Cake

  1. hai ciiiiinnn…. (bukan cina lho, maksodnyah cintaaa…)
    thx a lotzzz yahhh… tapi pake tbm apa gag agak bikin seret say?

    duh, aku kok teknik aduk balik n mikse rendah suka gag berhasil ya di pembuatan cake kayak gini…
    makanya aku lebih suka bikin bronis, sacher torte n chiffon! Alhamdulillah gag gagal kalo yang 3 itu… tapi kalo yang sponge cake itu, parno pas bikin yang yongky gunawan yang 15 kuning telor, pas aduk balik langsung mingslep… tanganku ini kurang berbakat untuk yang membalik2 hehehe… tapi bantetnya enak deh si kueh yongky itu… akhirnya pake adonan lapis surabaya (o iya, kalo yang ini aku juga bisaa… 😉 )… rada nombok kalo dari segi modal..tapi mo gmana lage, wong yang terbaik tuk customer hehehe…

  2. oh mungkin aku tuh dulu pernah beli tbm di pasar, yang kiloan, harganya murah banget… ngaruh kali ya… soalnya kalo bikin cake tape tanti pake tbm yang beli di titan yang rada mahal cake-nya lembut sey…

    btw, lupa aja mo logout dari mytemporaykitchen… maunya login as funky fun-T mimi allegra, biar ketahuan kalo resep ini untuk akyu n bu guru (selain tuk blogger lain) hehehe… 😀

  3. halow sayyy…(bukan sayur ya..tapi sayang)
    makasih banget dah mau memenuhi request dariku….emmuach…
    dan siap-siap lah wahay dikow menerima jor-joran pertanyaan dari kyu….rencananya mau praktek nih (jadi deg-degan uy…pertama kalinya aku mau bikin cake…)
    bener ga siy kalo bikin sponge cake setelah matang harus dibalikin beserta loyangnya biar ga bantet?

  4. iya, tie, nampaknya maksod auntie desri chiffon cake, yang kudu dibalik seloyang2nya… uda gitu loyangnya gag boleh dioles mentega or minyak, makanya harus pake loyang chiffon yg bongkar pasang biar enak mbukanya.
    knapa harus dibalik begitu diangkat dari oven? karna teknik pengembangan adonannya dari putih telur, jadi kalo di oven cakenya ngembang gag langsung dibalik, cake yang lembut itu ketarik gravitasi jadinya ambleks total deh, bentuknya jelek abis hehehe… soalnya dulu perna kejadian pas pertama kali bikin chiffon…

    Insya Allah kapan2 diposting di tempat mimi deh… c u cinta2kuuu… 🙂

  5. Seneng deh kalo liat2 web berisi temen2 yg mau berbagi bersama. jadi pengen juga ikutan share tentang banyak hal.
    makasih buat share sponge cake nya yah… 🙂
    Jazakumullahu….

    • Ya Allah… minta maaf mbak Wian komennya baru keliatan.
      Alhamdulillah.. ilmu memang harus disebarkan, biar amalannya terus mengalir. Gak peduli dengan persaingan, karena rejeki Allah selalu pada orang yang tepat.
      Sama-sama mbak Wian..
      Salam sayang selalu.

  6. Tan, ovennya pake suhu brp Ya??dan berapa lama di oven ?? Sekalian aq minta resep brownies bakarnya dunk spt yg dikau bw wkt acaranya takahara san itu loh… Tq ya bu

    • Full chocolate, itu cuma coklat yang diserut pake kerokan cocktail kok. Setelah cake di cover whipcream / buttercream trus ditempel2in coklat yang udah diserut.
      Oiya coklat bloknya jangan ditaro di kulkas ya…

Leave a comment