Reuni SD @ Mekar Lesehan Resto Pondok Gede

Lagi-lagi berkat Facebook, silahturahmi dengan teman-teman semasa SD (sekulah duasar) akhirnya bisa terwujud. Mulai cari-cari tempat ketemuan deh. Nah mengantisipasi malasnya teman2 untuk hadir, dicarilah tempat yang dekat dengan lingkungan rumah kita. Sip tempatnya di Rumah Makan Lesehan Mekar Pondok Gede.

Tempat ini pas untuk keluarga. Lesehannya bikin kita santai selonjoran kaki, dibawah saung tempat kita makan ada kolam yang ternyata ikannya guede-guede. Kata Adi itu ikan Hiu…. padahal mah sejenis ikan mas dan ikan lele, tapi bener-bener jumbooo. Ada juga permainan untuk anak-anak seperti ayunan, prosotan, dan kolam kura-kura. Tempat yang kita booking ini adalah tempat favorit di Mekar, gak tanggung-tanggung kita harus mengeluarkan kocek 100 ribu rupiah untuk ngebookingnya. Tenang, cepek ceng ini akan dikurangi dengan bill makan kita nantinya.

Our Venue

Makanannya, standar makanan dari negri parahyangan, ayam goreng & bakar, ikan gurame goreng & bakar, karedok, gado-gado, beserta lalap dan gak ketinggalan sambel. Oh iya makanan pertama yang dihidangkan pertama adalah otak-otak. Pesen gak pesen makanan ini pasti disodorkan pelayannya. Gratiss??? So pasti bayar.. otak-otaknya dihitung satuan 3000 rupiah. Enak, Adi aja abis lebih dari 10 bungkus.

Acara ini adalah kali pertamanya reuni SD. Banyak yang berubah, seperti dirikyu yang semakin chubby. Tiap teman yang baru dateng, langsung memutar otak mengingat masa lalu, dari kejadian senang2 sampe masa-masa berantem. Yang paling inget dari acara ini, saat Mella datang, dia gak ngenalin dirikyu. sambil dia inget-inget dan terucap “Pokoknya yang gw inget jaman SD itu cuma Tanti”. Whuahahaa makin rame, secara dia gak ngenalin tapi dia inget diriku. Ada juga yang bilang, “gw masih gak percaya kalo itu elo, Tan “.  Yah maklum deh, dulu itu aku yang kuruuusss, item, dan ada yang bilang mukanya jutek, tapi banyak yang gak setuju juga sih ama kata jutek, yang pasti pendiem katanya. Ada yang nimpalin, soal jutek itu pasti dari alisnya. Huaaaa seru pokoknya.

Yang juga jadi pembicaraan adalah guru-gurunya. Guru yang paling killer namanya Ibu Salimah, ngajar saat kita kelas 5. Sekiler-kilernya, sampe saat naik ke kelas 5, yang dapet kelasnya beliau, pada nangis seakan gak terima yang ngajar besok itu ibu Salimah. Hehehe.. banyak teman yang bilang kalo anak kesayangan Ibu salimah itu si Tanti. Saat kelas 5 SD, aku memang duduk berhadap2an dengan sang ibu ini. Dan untuk memulai pelajaran dia selalu tanya kita berdua (bersama teman sebangku semejaku), mulai pelajaran yang mana dulu nih. Asyik kan punya guru yang CS-an kayak gini hihiii.

Sayangnya reuni ini gak bisa lama-lama, bukan karena banyak yang sibuk, cuma karena gak enak aja ama yang punya resto-nya. Kayaknya masih pada kangen, akhirnya kita bikin acara selanjutnya dirumah salah satu teman, jadi bisa lama-lama melepas kangen. Dan diakhiri dengan foto bersama, kita bubaran untuk ktemu lagi di bulan Juli nanti.

Oiya untuk alamat lengkap Pondok Lesehan Mekar.. ini diaa..

Advertisements

Blueberry Cheese Cake

Order dadakan nih….. tapi gak bisa di tolak… hehehe yang pesen teman sejak SD dulu, udah lama gak ktemu dan kangeeeeeen banget. Blueberry Cheese Cake ini favorit sang Mama. Semoga buatanku gak mengecewakan ya… hihiii secara daku hormat banget ama si Ibu yang dulu sering di repotin kalo kita2 pada kumpul dirumahnya.

Skalian nih di sharing resepnya, biar pada bisa bikinnya..

Resep Asli dari Ibu Fatmah Bahalwan

Bahan:

250gr   biskuit coklat pekat
100 gr  margarine, lelehkan
½ sdt    vanilli bubuk
200gr   gula pasir
4 btr     telur
1 Kg    cheese krim
250gr   sour cream

250ml   whipped cream
1 sdm   gula halus (optional)
250 gr  selai blueberry

Cara membuat:

  1. Siapkan loyang bongkar pasang diameter 24 cm, olesi mentega. Sisihkan.
  2. Hancurkan biskuit hingga halus, lalu tuangi margarine leleh, dan vanili bubuk, aduk rata.
  3. Masukkan adonan biskuit pada loyang, ratakan dan tekan perlahan hingga padat, bekukan dalam freezer selama 10 menit.
  4. Kocok gula dan telur dengan mixer kecepatan tinggi hingga kental, masukkan cheese krim, dan sour krim bergantian sambil dikocok terus.
  5. Tuangkan adonan ini kedalam loyang  yg sudah beralas biskuit, lalu panggang dengan cara  au bain marie selama 90 menit.
  6. Angkat, dinginkan di suhu kamar hingga dingin betul, teruskan dinginkan dalam kulkas selama lk. 3 jam.
  7. Sementara itu kocok krim kental dan gula halus hingga kental, sisihkan.
  8. Ratakan selai blue berry diatas cheesecake, hias dengan buah-buahan kaleng,  dan whipped krim pada sisi-sisinya, sajikan. 

Yang daku buat gak pake whipcream karena ngedadak 😦 . Tapi Alhamdulillah cantik juga… hmm narsis nih muji sendiri.

Puding Biskuit

Ketemu lagi dengan puding.

Baru aja dapet agar-agar dari Deby jadi kabita pingin bikin yang lain. Cari-cari resep puding, inget kumpulan resep puding di acara NCC Week Puding. Oce kali ini mau nyontek pudingnya mbak Peni. Sambil main bareng Adi, kita bikin puding rame-rame. Gak lengkap kan kalo gak ada loyang kartun anak2.

Mo tau resepnya… eits jangan bilang ribet ya… kalo gak mau ribet gak  usah dilapis-lapis pudingnya. Ini resep aslinya

Resep PUDING BISKUIT
Diambil dari : resep milik ibunda mbak Peni Respati

Bahan :
20 biskuit marie
50 gr gula pasir, buat caramel
1 sdt kopi atau mocca essence

2 bungkus agar2 [tdk berwarna]
1 ltr susu UHT tawar
100 gr gula pasir
2 kuning telur
3 sdm susu kental manis putih
Pewarna merah & coklat

Vla Kopi/Mocca :

Didihkan :
500 cc air + 6 sdm susu kental manis putih
6 sdm gula pasir
1 sdm maizena
2 kuning telur
½ sdt pasta kopi/mocca

Cara :

1. Menyiapkan biscuit marie
    – Buat caramel dari 50 gr gula, tambahkan kopi essence
    – Tangkupkan setiap 2 buah marie dengan lapisan caramel ditengahnya
    – Lakukan dengan cepat supaya caramel tidak keburu keras/kaku
       [Hati2 jangan sampai kena tangan yaa..karena gula caramel sangat panas]

2. Membuat pudding
     – Masak susu, agar2 & gula sambil diaduk terus agar susu tidak pecah, gunakan api kecil-sedang
     – Masukkan kuning telur, dengan cara dipancing adonan agar-agar, tuang sambil aduk cepat
     – Setelah mendidih, angkat, matikan api, tambahkan 3 sdm SKM, aduk rata, saring.
         [ssst…percaya ga percaya, penambahan 3 sdm SKM di bagian akhir ini, bikin pudding kita jadi makin lezat lho!]
     – Bagi adonan dalam 2 panci, ½ diberi pewarna merah, ½ lagi diberi pewarna/pasta coklat
 

    – Tuang ½ adonan pink dalam Loyang bulat 20/22 cm, tunggu hingga keras
    – Kemudian susun biscuit marie masing2 menjadi 2 tangkup, seperti ini tekan setiap 2 tangkupan biscuit dengan gelas berisi air
    – Tuang ½ adonan coklat [sudah dipanaskan kembali], tunggu hingga keras
    – Tuang lagi ½ adonan pink [sudah dipanaskan kembali], tunggu hingga keras
    – Angkat gelas berisi air setelah dipastikan biscuit hampir sepenuhnya terendam pudding
    – Terakhir masukkan sisa adonan coklat yg sudah dipanaskan kembali untuk menutup permukaan biskuit, bekukan.
    – Disajikan dingin dengan vla kopi/mocca.

Catatan:

– Pastikan lapisan pertama sudah beku/keras sebelum dituang lapisan berikutnya
– Pada saat menuang lapisan berikutnya, adonan yang akan dituang biasanya sudah terlanjur beku, untuk itu panaskan kembali untuk mencairkannya.
– Fungsi gelas berisi air adalah penahan agar biscuit marie tetap duduk manis di tempatnya/tidak mengambang saat dituang adonan pudding.
– Pastikan gelas cukup berat untuk menahan biscuit, berukuran proporsional sehingga tidak saling bersinggungan dan diisi air matang dlm jumlah yang sama.

 Nah ini hasil buatan Adi dan bundanya… Lhaaa mana biskuitnya…..

Puding yang berbentuk kartun gak pakai biskuit, yang besar itu yang pakai biskuit. Penasaran liat biskuitnya….

Nah ini yang ada biskuit nya…. cantik kan jadinya….

Itu ada bolongan di puding, sepertinya dari gelembung pada saat nuangin adonan pudingnya. Makanya lebih baik setelah dituang, dibanting2 kecil biar gelembungnya pada pecah.

Berani mencobaaa….. ????